Sosok Ahmad Munjizun Pemuda Asal NTB Raih Gelar Doktor di Amerika Serikat, Mendunia Karena Kuda - Tribunnews

 

Sosok Ahmad Munjizun Pemuda Asal NTB Raih Gelar Doktor di Amerika Serikat, Mendunia Karena Kuda

By Salma Dinda Regina
jabar.tribunnews.com

TRIBUNJABAR.ID - Inilah sosok Ahmad Munjizun pemuda asal Nusa Tenggara Barat yang viral di media sosial.

Ahmad Munjizun membuat warganet kagum dengan pencapaian, salah satunya meraih gelar doktor di Amerika Serikat.

Hal itu membuat banyak orang penasaran dengan sosoknya.

Dirinya menjadi sorotan setelah pidato kelulusannya viral.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @studentnesia, tampak momen Ahmad Munjizun mengutarakan isi hatinya.

Ia menyampaikan pidato kelulusannya dengan berkaca-kaca.

Lantas, bagaimanakah sosoknya?

Ahmad Munjizun lahir dan besar di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ahmad Munjizun tumbuh di lingkungan peternakan.

Ia kerap menghabiskan masa kecilnya bermain dengan kuda dan sapi

Karena hal itu, Ahmad Munjizun mengaku tidak menyangka berhasil mendunia.

Melansir dari laman American Indonesia Exhance Foundation (AMINEF), Ahmad Munjizun berhasil merahih gelar doktor dalam ilmu hewan alias Animal Science di North Carolina State University.

Diketahui, ia fokus meneliti soal vitamin K berkontribusi pada kesehatan tulang pada kuda.

Tercatat dalam website tersebut bahwa Ahmad Munjizun terinspirasi meneliti kuda karena melihat adanya manfaat penggunaan vitamin K untuk mengobati osteoporosis pada manusia.

Ahmad bekerja di pusat pelatihan swasta Mataram, Lombok.

Selain itu ia juga menyelami dunia motivator dan kerap diundang menjadi pembicara dalam seminar motivasi.

Ahmad Munjizun juga menyibukkan diri dengan membantu mengelola peternakan kuda keluarga.

Sebelum menimba ilmu di Amerika SerikatAhmad Munjizun memperoleh gelar sarjana dari Universitas Mataram.

Saat itu, pria yang kerap disapa Jizun ini pernah meraih predikat mahasiswa berprestasi 1 di Universitas Mataram.

Lalu ia berhasil mendapatkan beasiswa Indonesia Endowment Fund for Education dan melanjutkan S2 di University of Queensland, Australia.

Di tahun 2017, Ahmad Munjizun berhasil meraih gelar Master dengan jurusan Equine Science atau ilmu yang mempelajari tentang kuda.

Setelah menyelesaikan gelar doktornya, ia berniat kembali ke Indonesia untuk mengembangkan ilmu kuda.

Adapun isi sambutan Ahmad Munjizun yang viral di sosial media sebagai berikut :

Momen tersebut diabadikan melalui unggahan YouTube pribadinya, Jizun Sang Pembelajar.

"Saya pikir tidak ada kata yang bisa menjelaskan betapa bahagianya saya hari ini," ucap Ahmad Munjizun.

"Datang dari Indonesia, desa kecil dalam pulau kecil bernama Lombok," imbuhnya.

Ia menyampaikan kenangan masa kecil yang tak lepas dari peternakan.

"Saat masih kecil saya tumbuh dengan memelihara hewan seperti kuda dan sapi," kata Jizun.

"Saya tidak tahu apakah suatu saat akan memiliki gelar PhD. Aku pun awalnya tidak bisa berbahasa Inggris," katanya.

Perjuangan Ahmad Munjizun melalui rintangan dan tantangan meraih gelar doktor sebagai balasan atas kerja kerasnya selama ini.

"Hari ini aku membuktikan bahwa kerja keras dan kegigihan menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Menghasilkan sesuatu yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya," ungkapnya.

"Disini aku tidak mempunyai keluarga, tapi saya memiliki teman-teman yang aku anggap keluarga sendiri," sambungnya.
Terakhir, Ahmad Munjizun menyampaikan terima kasih kepada orang tua dan keluarganya di Indonesia.

"Untuk motivator dan inspirator terbaik dalam hidup saya, yang selalu menerima saat kondisi dan buruk," ucapnya.

"Mereka tak berada disini secara fisik, ibu dan ayah saya serta saudara-saudara saya. Terima kasih banyak sudah melindungi saya. Tanpa kalian saya tidak akan berada di sini," tambahnya.

Baca artikel Tribun Jabar lainnya di GoogleNews.

Baca Juga

Komentar