Pilihan

Tanda Kolesterol Sangat Tinggi Terlihat di Wajah, Jangan Abai - CNBC Indonesia

 

Tanda Kolesterol Sangat Tinggi Terlihat di Wajah, Jangan Abai

Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
Lifestyle
14 March 2022 10:15
kolesterol (Nataliya Vaitkevich via Pexels)
Foto: kolesterol (Nataliya Vaitkevich via Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kolesterol pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, serta vitamin D. Namun kadar kolesterol di dalam tubuh harus tetap pada aturan. Pasalnya, ketika kadar kolesterol jahat (LDL) terlalu tinggi, akan berakibat fatal karena dapat menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke jantung. Oleh karena itu, tanda kolesterol tinggi perlu diwaspadai sedini mungkin agar bisa segera dicegah.

Salah satu tanda kolesterol tinggi rupanya dapat terlihat dari wajah. Seperti apa?

Dilansir dari Healthline dan Mayo Clinic, xanthoma menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi di wajah yang perlu diwaspadai. Kondisi ini mengakibatkan benjolan atau lesi lunak kekuningan pada kulit.

Pada kasus kolesterol tinggi, lesi kekuningan umumnya timbul di sekitar mata dan lipatan mata. Xanthoma adalah kondisi ketika lesi kekuningan semakin membesar dan menyebar. Tak hanya itu, bercak kuning juga dapat menunjukkan gejala arteri tersumbat dan akan terlihat tumpukan lemak di sekitar mata, hidung dan mulut. 

"Kondisi ini sering dikaitkan tak hanya orang dengan kolesterol tinggi, tetapi juga penyimpangan saat tubuh memetabolisme lemak dalam darah, yang juga dapat menurun pada keluarga," kata konsultan ahli kulit yang berbasis di Sydney, Australia, Emma Starritt.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek