Pilihan

30 Negara Jadi Pasien IMF, Menko Airlangga: Indonesia Tidak Termasuk - inews

 

30 Negara Jadi Pasien IMF, Menko Airlangga: Indonesia Tidak Termasuk

inews.id
July 26, 2023
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, di acara Sewindu Project Strategis Nasional di Jakarta, Rabu
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, di acara Sewindu Project Strategis Nasional di Jakarta, Rabu

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, mengungkapkan ada 30 negara di dunia yang menjadi pasien Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) sampai saat ini.

Menurut Airlangga, meski banyak negara masuk menjadi pasien IMF, Indonesia tidak termasuk di dalamnya. Hal tersebut lantaran kondisi perekonomian Indonesia yang saat ini berada di angka 5,03 persen dan inflasi Indonesia yang masih terjaga.

"Alhamdulillah Indonesia tidak termasuk. Kita buktikan PMI kita ataupun optimisme industri terhadap perekonomian kita berada di level ekspansi 52,7 persen," kata Menko Airlangga acara Sewindu Project Strategis Nasional di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Dia menjelaskan, banyaknya negara yang sudah menjadi pasien IMF menggambarkan bahwa saat ini perekonomian dunia sedang dalam kondisi sulit. Problem yang dihadapi berbagai negara saat ini begitu kompleks, mulai dari El Nino, masalah perang Ukraine-Rusia yang tidak berkesudahan, ketegangan China dan Amerika.

"Dan per hari ini, ada 30 negara menjadi pasien IMF dan 11 baru mulai membaik," ungkap Menko Airlangga.

Dia mengungkapkan, kondisi ini lebih buruk dibandingkan dengan masa krisis yang terjadi di tahun 1998, yang mana saat itu di Asia hanya kurang dari 10 negara yang mengalami krisis.

"Tapi kali ini betul-betuk pasca Pandemi banyak negara menjadi pasien. Dan semua negara menghadapi masalah food, fertilizer, energi," tutur Menko Airlangga.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek