Pilihan

43 Sapi Kurban Dipotong di Masjid Istiqlal, Termasuk Sapi Jokowi dan Ma'ruf Amin By BeritaSatu

 

43 Sapi Kurban Dipotong di Masjid Istiqlal, Termasuk Sapi Jokowi dan Ma'ruf Amin

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Dalam rangka IdulAdha 1444 H, Masjid Istiqlal hari ini melakukan pemotongan 43 ekor sapi dan 8 ekor kambing kurban di Rumah Pemotongan Hewan
Dalam rangka IdulAdha 1444 H, Masjid Istiqlal hari ini melakukan pemotongan 43 ekor sapi dan 8 ekor kambing kurban di Rumah Pemotongan Hewan

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka IdulAdha 1444 H, Masjid Istiqlal hari ini melakukan pemotongan 43 ekor sapi dan 8 ekor kambing kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Jakarta Pusat, Sabtu (1/7/2023). Sapi kurban pemberian Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi yang pertama disembelih pukul 07:23 WIB.

Sapi kurban pemberian Presiden Jokowi berjenis Simmental seberat 1,2 ton. Sementara, sapi kurban milik Wapres Ma'ruf Amin berjenis sapi limosin yang beratnya 1,1 ton.

Ketua Panitia Idul Adha Masjid Istiqlal, Abu Hurairoh mengatakan pada tahun ini pemberian sapi kurban meningkat 50%. Setelah dipotong hewan kurban akan diberikan ke masyarakat sekitar Masjid Istiqlal hingga Jabodetabek.

"Hewan kurban di Masjid Istiqlal itu tahun ini meningkat 50% dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 26 ekor, tahun ini 49 ekor. Kami distribusikan 6 ekor secara hidup itu ke enam lembaga. Kemudian, sisanya 43 ekor kami akan sembelih di Masjid Istiqlal, lalu akan didistribusikan ke 18.700 jiwa (orang)," kata Abu Hurairoh di RPH Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (01/07/2023).

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov DKI Jakarta, Rismiati, memastikan seluruh hewan kurban dalam keadaan sehat. "Alhamdulilah dari 49 sapi yang sembelih yang ada di Istiqlal ini alhamdulilah dalam kondisi sehat semua, termasuk kambing 8 ekor. Kita melakukan pengecekan sampel darah, sampel feses, alhamdulilah sehat," ujar Rismiati.

"Dan untuk sapi lainnya kita lakukan pemeriksaan secara visual kita lihat sekarang posisinya semuanya sehat, bulunya mengkilap, matanya juga bersinar, terus gerakannya juga lincah," tutupnya.

Untuk menghindari keramaian dan antrean panjang, Masjid Istiqlal pada tahun ini membagikan potongan hewan kurban melalui proposal yang harus diisi oleh pemohon. Adapun penerima daging kurban di antaranya berbagai mushola, rumah yatim, rumah tahfiz, penyandang disabilitas, tunarungu, dan tunanetra.

"Pengalaman kami dari jauh hari sebelumnya, kalau masa itu kumpul di satu tempat mereka datang ke Istiqlal sampai menginap hanya untuk memperoleh 1-2 kg. Kemudian, pemandangan yang enggak bagus ada yang pernah dijual. Dengan cara seperti ini lebih terhormat sesuai dengan syariah tidak menampakkan kemiskinan di Masjid Istiqlal ini juga atas usul arahan Imam Besar Masjid Istiqlal," ucap Abu Hurairoh.

Tak hanya pemberian Presiden dan Wapres, sapi kurban lainnya datang dari Kementerian Agama, Kementerian SDM, Menteri Perhubungan, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, KSAD Dudung Abdurachman, Jusuf Hamka, Artha Graha, Megawati Soekarno Putri beserta keluarga, dan hadiah kurban dari Romo Gereja Katedral.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek