Pilihan

60 Warga Surabaya Keracunan Massal Seusai Santap Daging Kurban By BeritaSatu

 

60 Warga Surabaya Keracunan Massal Seusai Santap Daging Kurban

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Korban keracunan massal dirawat di Puskesmas Tanah Kali Kedinding, Surabaya, Sabtu 1 Juli 2023.
Korban keracunan massal dirawat di Puskesmas Tanah Kali Kedinding, Surabaya, Sabtu 1 Juli 2023.

Surabaya, Beritasatu.com – Sebanyak 60 warga Kalilom Lor Indah Seruni II, Kali Kedinding, Kenjeran, Surabaya, mengalami keracunan massal. Diduga, keracunan masal puluhan warga tersebut setelah menyantap berbagai menu olahan daging kurban.

Sami'is, salah satu keluarga korban keracunan massal mengatakan, setiap tahun warga kampung Kalilom Lor Indah Seruni II memiliki tradisi makan bersama saat Iduladha.

Ada tiga menu yang diolah untuk disantap warga satu kampung, yakni sate, gule, dan juga krengsengan.

"Tiap tahun kita punya tradisi makan-makan bersama satu kampung saat Iduladha. Biasanya aman-aman saja, baru kali ini kena musibah. Ada tiga menu yang dimasak, sate, gule sama krengsengan. Harusnya empat menu, tetapi kikilnya belum sempat dimasak," kata Sami'is, kepada Beritasatu.com, Sabtu (1/7/2023).

Keluarga Sami'is yang menjadi korban keracunan massal, adalah anak laki-lakinya yang berusia 14 tahun dan juga istrinya. Saat ini, kedua keluarga Sami'is masih dalam perawatan di Puskemas Tanah Kali Kedinding, Surabaya.

"Malam itu setelah makan-makan ada jeda beberapa jam, tiba-tiba banyak yang mengeluhkan pusing dan mual. Anak dan istri saya termasuk korbannya dan sekarang dirawat disini (Puskesmas Tanah Kali Kedinding)," jelas Sami'is.

Lebih lanjut Sami'is menceritakan, ada sekitar 55 sampai 60 warga yang didominasi orang dewasa yang menjadi korban keracunan massal. Acara pesta rakyat tersebut dilakukan pada Jumat (30/6/2023) malam kemarin.

"Ada kurang lebih 55 sampai 60 orang yang keracunan. Ada yang dibawa ke puskesmas dan juga ada yang di rujuk ke Rumah Sakit dr Soewandi ran juga Rumah Sakit Unair," pungkas Sami'is.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Beni, salah satu korban keracunan massal menyampaikan, saat acara makan-makan dirinya hanya menyantap empat tusuk sate. Tak lama kemudian, dia merasa pusing dan memilih pulang untuk istirahat. Namun karena kondisinya makin parah, akhirnya dia memilih untuk ke puskesmas.

"Saya makan empat sate. Sebenarnya dari semalam sudah pusing, tetapi saya biarkan. Pagi ini kondisinya makin parah akhirnya saya ke puskesmas. Anak saya juga jadi korban," cerita Beni.

Pantauan Beritasatu.com, korban keracunan massal terus berdatangan di Puskesmas Tanah Kali Kedinding, Surabaya. Sebagian juga telah dirujuk ke rumah sakit lainnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek