Anak Krakatau Erupsi 195 Kali dalam Sepekan Terakhir - Beritasatu

 

Anak Krakatau Erupsi 195 Kali dalam Sepekan Terakhir



Penulis: Roy Triono | Editor: JAS

Ilustrasi Gunung Anak Krakatau. (Antara)

Lampung Selatan, Beritasatu.com - Aktivitas Gunung Anak Krakatau terus meningkatkan dalam sepekan terakhir. Dalam satu pekan terakhir, Gunung Anak Krakatau tercatat sudah ratusan kali erupsi.

Terhitung sejak Senin, 10 hingga 17 Juli, gunung api yang berada di Selat Sunda tersebut erupsi sebanyak 195 kali. Pada erupsi yang terjadi selama sepekan terakhir, Gunung Anak Krakatau memuntahkan abu vulkanik dengan ketinggian rata-rata mencapai 100 hingga 300 meter dari kawah.

Berdasarkan pantauan dari Pos Pantau Gunung Anak Krakatau yang berada di Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Gunung Anak Krakatau pada Rabu (19/7/2023), Gunung Anak Krakatau saat ini terlihat tertutup kabut, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis.

Kembali Erupsi, Gunung Anak Krakatau Mengalami 6 Kali Letusan

Petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Suwarno membenarkan jika gunung api tersebut akhir-akhir ini kerap kali mengalami erupsi.

Suwarno mengatakan, aktivitas Gunung Anak Krakatau merupakan pergerakan untuk membangun badan gunung setelah longsor dan erupsi menyebabkan tsunami pada 2018 lalu. Namun saat ini aktivitas Gunung Anak Krakatau cukup lemah dan tidak berpotensi mengakibatkan tsunami.

Kembali Erupsi, Gunung Anak Krakatau Muntahkan Abu Vulkanik 3.000 Meter

"Untuk sementara ini aktivitasnya Gunung Anak Krakatau masih cukup aman karena letusannya relatif kecil. Bisa dikatakan erupsi Gunung Anak Krakatau merupakan suplai untuk membangun tubuhnya sendiri," kata Suwarno.

Meskipun aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau dianggap aman, tetapi masyarakat, nelayan, maupun wisatawan diimbau agar tidak mendekati kawah Gunung Anak Krakatau dalam radius lima kilometer. Selain itu, masyarakat diharapkan tetap tenang dan waspada serta jangan termakan berita bohong atau hoax.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

EKONOMI 8 menit yang lalu

NUSANTARA 20 menit yang lalu

Baca Juga

Komentar