Pilihan

Analisis Gempa M6,4 Guncang Bantul Yogyakarta, PVMBG: Akibat Aktivitas Sesar Aktif - inews.

 

Analisis Gempa M6,4 Guncang Bantul Yogyakarta, PVMBG: Akibat Aktivitas Sesar Aktif

inews.id
July 1, 2023
Rumah warga terdampak kerusakan akibat gempa bumi yang berpusat di Bantul, DIY hingga beberapa daerah Jateng dan Jatim.
Rumah warga terdampak kerusakan akibat gempa bumi yang berpusat di Bantul, DIY hingga beberapa daerah Jateng dan Jatim.

JAKARTA, iNews.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM mengeluarkan analisis geologi terkait gempa besar merusak yang berpusat di selatan Kota Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gempa berkekuatan magnitudo (M)6,4 terjadi sekitar pukul 19.57 WIB pada Jumat (30/6/2023).

PVMBG mengatakan lokasi terdekat dengan pusat gempa bumi adalah daerah selatan Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Morfologi daerah tersebut pada umumnya merupakan dataran, dataran bergelombang, dan perbukitan bergelombang hingga terjal pada bagian utara.

“Daerah tersebut pada umumnya tersusun oleh endapan Kuarter berupa endapan aluvial pantai, aluvial sungai, dan batuan rombakan gunung api muda, serta batuan berumur Tersier berupa batuan sedimen (batupasir, batulempung, batulanau, batugamping). Sebagian batuan berumur Tersier dan batuan rombakan gunungapi muda tersebut telah mengalami pelapukan,” kata PVMBG dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (2/7/2023).

Sementara itu, kata PVMBG, endapan kuarter dan batuan berumur tersier yang telah mengalami pelapukan pada umumnya bersifat urai, lunak, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi.

“Selain itu pada morfologi perbukitan yang tersusun oleh batuan yang telah mengalami pelapukan akan berpotensi terjadi gerakan tanah apabila dipicu guncangan gempa bumi kuat dan curah hujan tinggi,” ungkapnya.

PVMBG menjelaskan berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi dan kedalaman, maka kejadian tersebut diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif pada zona prismatik akresi yang terletak pada bagian atas megathrust. Sesar aktif pada zona ini pada umumnya merupakan sesar naik.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Lebih lanjut, menurut data sebaran permukiman penduduk yang terlanda guncangan gempa bumi sebagian besar terletak pada Kawasan Rawan Bencana (KRB) gempa bumi menengah hingga tinggi. Kejadian gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami meski pun lokasi pusat gempa bumi terletak di laut.

“Menurut data, wilayah pantai selatan Provinsi DIY dan Jawa Tengah tergolong rawan tsunami dengan potensi tinggi tsunami di garis pantai lebih dari 3 m,” kata PVMBG.

Oleh karena itu, PVMBG mengeluarkan rekomendasi agar bangunan di daerah selatan Provinsi DIY dan Jawa Tengah harus dibangun menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi guna menghindari risiko kerusakan. Selain itu juga harus dilengkapi dengan jalur dan tempat evakuasi.

“Wilayah bagian selatan Provinsi DIY dan Jawa Tengah tergolong rawan gempa bumi dan tsunami, maka harus lebih ditingkatkan upaya mitigasi melalui mitigasi struktural dan non struktural. Kejadian gempa bumi ini diperkirakan tidak berpotensi mengakibatkan terjadinya bahaya ikutan (collateral hazard) yaitu retakan tanah, penurunan tanah, gerakan tanah dan likuefaksi,” katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek