Babinsa Bujuk Lansia yang Terkurung Banjir Sumbar untuk Dievakuasi By BeritaSatu.

 

Babinsa Bujuk Lansia yang Terkurung Banjir Sumbar untuk Dievakuasi

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Babinsa Koramil 04/Lengayang/Kodim 0311 Pesisir Selatan mengevakuasi lansia yang tidak mau meninggalkan rumahnya saat banjir melanda Nagari Kambang, Lengayang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu, 15 Juli 2023.
Babinsa Koramil 04/Lengayang/Kodim 0311 Pesisir Selatan mengevakuasi lansia yang tidak mau meninggalkan rumahnya saat banjir melanda Nagari Kambang, Lengayang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu, 15 Juli 2023.

Padang, Beritasatu.com - Babinsa Koramil 04/Lengayang/Kodim 0311 Pesisir Selatan mengevakuasi lansia yang tidak mau meninggalkan rumahnya saat banjir melanda Nagari Kambang, Lengayang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu (15/7/2023). Diketahui seorang lansia bernama Nurhayati (70 tahun) masih bertahan dalam rumahnya, meski dalam keadaan kebanjiran setinggi satu meter.

Banjir diakibatkan hujan deras yang melanda wilayah Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Jumat (14/7/2023), sehingga membuat air Sungai Koto Baru Medan Baik meluap ke pemukiman warga.

Sebelumnya warga setempat sudah membujuk lansia tersebut untuk untuk mengunsi, namun lansia tersebut menolak karena barang berharga miliknya masih berada di dalam rumah. Hal tersebut dilaporkan ke Babinsa Kodim 0311/Pesisir Selatan untuk melakukan proses evakuasi terhadap lansia tersebut.

Dengan bujuk rayu Sertu Dedeng Warman, sebagai Babinsa kawasan tersebut membuat lansia tersebut akhirnya mau dilakukan evakusi ke tempat lebih aman.

Dengan ketinggian air sedada orang dewasa, Babinsa Koramil 04/ Dim 0311 melakukan evakuasi dengan cara mengendong ke tempat pengungsian. "Kami mendapatkan laporan dari warga, adanya seorang lansia terjebak dalam rumahnya saat di landa banjir setinggi satu meter," kata Babinsa Sertu Dedeng Warman saat melakukan pengawasan di lokasi pemukiman warga yang terdampak banjir luapan sungai Koto Baru.

Dengan kondisi rumah tertutup, lansia tersebut duduk di atas kasur pakai kursi. Selanjutnya Sertu Dedeng Warman langsung mendatangi lokasi rumah lansia tersebut dalam kedaan terkunci. "Kami bersama warga lansung berupaya masuk ke dalam rumah melewati jendela, melihat lansia tersebut sudah di atas kasur duduk pakai kursi," ujarnya.

Saat akan dievakuasi lansia tersebut engan untuk meninggalkan rumahnya. Karena banyak barang berharga miliknya di dalam rumahnya akan ditinggalkan. "Lansia tersebut dibujuk agar mau untuk dievakuasi. Takutnya nanti terjadi hal yang tidak diinginkan, karena kondisi air dalam rumahnya setinggi 60 sentimeter," jelasnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar