Pilihan

Wapres Minta Segera Dibangun Pabrik Kelapa Sawit di Manokwari By BeritaSatu

 

Wapres Minta Segera Dibangun Pabrik Kelapa Sawit di Manokwari

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Wakil Presiden KH Ma
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mendorong percepatan pembangunan pabrik kelapa sawit di Manokwari, Provinsi Papua Barat, Sabtu, 15 Juli 2023.

Manokwari, Beritasatu.com - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mendorong percepatan pembangunan pabrik kelapa sawit di Manokwari, Provinsi Papua Barat. Menurut Ma'ruf Amin, program Peremajaan Sawit Rakyat berhasil menanam di lahan seluas 2.044 Ha.

Hal itu diungkap Ma'ruf Amin saat meninjau Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di Kampung Wasegi Indah, Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari Papua Barat, Sabtu (15/7/2023). Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) merupakan program strategis nasional sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan kelapa sawit nasional.

Wapres mengatakan, PSR ini untuk menjadikan perkebunan sawit yang sudah tidak produktif, kembali menjadi produktif. “Sawit di daerah ini seluas 9000 hektar ini sudah mulai tidak produktif, karena sudah tua, kemudian dengan adanya PSR sejak 2021 ini, suatu perubahan supaya bisa produktif lagi dan hasilnya supaya besar lagi,” ujar Ma'ruf Amin.

Dalam hal ini Pemerintah Pusat mendukung percepatan rencana pembangunan pabrik kelapa sawit di Papua dengan harapan hasilnya panen dapat diolah sendiri. "Maka itu, saya perintahkan agar dipercepat, jangan ditunda-tunda lagi,” tegas Ma'ruf Amin.

Wapres juga melakukan penanaman bibit sawit sebagai wujud mendukung program Peremajaan Sawit Rakyat. Pada kesempatan tersebut, Ma'ruf Amin juga menyaksikan Pencanangan dan Penyerahan Rekomendasi Teknis (Rekomtek) Pabrik Kelapa Sawit Rakyat dari Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma Kementerian Pertanian Ardi Praptono kepada Ketua Koperasi Produsen Sawit Arfak Sejahtera Dorteus Paiki.

Tidak hanya itu, Ma'ruf Amin juga melakukan penanaman bibit sawit sebagai wujud mendukung program Peremajaan Sawit Rakyat. Kemudian, pada kesempatan yang sama Ma'ruf Amin juga melakukan penyerahan bantuan dari Program Sosial Bank Indonesia berupa Bantuan Sarana dan Prasarana Kandang Komunal Sapi di lahan replanting sawit kepada Kelompok Tani Sumber Rejeki Kabupaten Manokwari, dan bantuan bantuan sarana dan prasarana pendukung ibadah ke Masjid Al Muttaqin dan Masjid An Nur Manokwari.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek