Banjir Padang Jumat Dini Hari, Warga Terkurung dan Sebagian Jalan Utama Lumpuh By BeritaSatu

 

Banjir Padang Jumat Dini Hari, Warga Terkurung dan Sebagian Jalan Utama Lumpuh

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Seorang lansia dievakuasi pada banjir yang melanda sebagian wilayah kota Padang, Sumatera Barat, sejak Kamis
Seorang lansia dievakuasi pada banjir yang melanda sebagian wilayah kota Padang, Sumatera Barat, sejak Kamis

Padang Beritasatu.com - Banjir besar melanda sebagian wilayah kota Padang, Sumatera Barat, sejak Kamis (13/7/2023) malam hingga Jumat (14/07/2023) dini hari. Jumlah bangunan yang terendam banjir diperkirakan mencapai ribuan dengan kedalaman satu hingga satu setengah meter. Selain rumah warga, banjir juga merendam jalan-jalan utama kota Padang.

Banjir dipicu oleh hujan merata yang turun dengan sangat lebat. Sejumlah kecamatan dilanda banjir, di antaranya kecamatan Padang Timur, Padang Barat, Padang Utara, Padang Selatan, Lubuk Begalung, dan Kecamatan Nanggalo.

Salah seorang warga di Kelurahan Alai, Ahmad (51) mengatakan, kawasan tempat tinggalnya terendam banjir hingga setinggi 80 sentimeter. Banyak warga yang terkurung dalam rumah masing masing.

"Kami berharap bantuan dari BPBD Padang segara turun membantu warga yang masih bertahan dalam rumah. Di mana air semangkin lama semangkin naik," kata Ahmad yang rumahnya terendam banjir saat ditemui Jumat, sekitar pukul 04.00 WIB.

Di Kelurahan Alai, Parak Kopi, Kecamatan Padang Timur, ini air banjir masuk ke rumah warga dan merendam seluruh perabotan rumah, alat elektronik, serta sepeda motor. Warga berharap petugas segera mengevakuasi mereka.

Pedri (21), warga setempat yang membatu pengendara agar tidak terjebak banjir, mengatakan, genangan air di jalan utama Katib Sulaiman sudah mencapai 60 sentimeter.

"Banyak kendaraan yang mogok seperti mobil dan motor. Dengan itu kami berupaya memberi petunjuk jalan agar kendaraan warga tidak terjebak genangan akibat hujan deras malam ini," katanya.

Banjir juga membuat sebagian jalan utama Kota Padang lumpuh. Selain Jalan Khatib Sulaiman, juga seperti Jalan Sudirman, maupun Jalan Proklamasi.

Ketinggian banjir di jalanan hingga ketinggian 60 sentimeter. Banyak kendaraan yang terjebak dan mogok ditengah jalan.

Sejumlah video amatir beredar di media sosial, di antaranya evakuasi seorang lansia korban banjir di kelurahan Batuang Taba, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang. Lansia ini terpaksa dievakuasi menggunakan dipan saat rumahnya terendam banjir.

Di lokasi banjir lainnya, yakni Kelurahan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, sejumlah petugas terus melakukan evakuasi warga yang mulai cemas karena air banjir makin meninggi.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar