Bertemu Jokowi, Xi Jinping Ungkit Proyek Kereta Cepat JKT-BDG - CNBC Indonesia

 

Bertemu Jokowi, Xi Jinping Ungkit Proyek Kereta Cepat JKT-BDG

mij, CNBC Indonesia
News
Kamis, 27/07/2023 22:00 WIB
Foto: Dokumentasi BPMI Sekretariat Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden China Xi Jinping menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan suka cita di Chengdu, China Barat, Kamis (27/7/2023). Mereka langsung mengadakan pertemuan, membahas pendalaman kerja sama.

Seperti dilansir dari Reuters, salah satu kerja sama yang dibicarakan adalah mengenai proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung yang tengah dalam finalisasi.

Kepada Jokowi, Xi Jinping menyampaikan bahwa proyek tersebut harus selesai dengan standar yang tinggi. Semua aspek harus diperhatikan jelang digunakan secara komersil.

"Kedua belah pihak harus melakukan segala upaya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik di kilometer terakhir konstruksi dan memastikan standar tinggi dan kualitas tinggi dari proyek tersebut," kata Xi Jinping.

Jokowi Xi Jinping
Foto: Dokumentasi BPMI Sekretariat Presiden
Jokowi Xi Jinping

Diketahui, proyek kereta cepat sepanjang 142,3 km tersebut memang selesai lebih lambat dari yang ditargetkan. Hal ini mengakibatkan pembengkakan biaya investasi dari US$ 6,071 miliar menjadi US$ 7,5 miliar atau sekitar Rp 112,5 triliun (asumsi Rp 15.000/US$).

Selain itu, Xi Jinping dan Jokowi juga membahas otomotif, kota pintar serta pangan.

Baca Juga

Komentar