Pilihan

Bukti Baru Ungkap Kapal Titanic Tenggelam Bukan Hanya Karena Tabrak Gunung Es | merdeka

 

Bukti Baru Ungkap Kapal Titanic Tenggelam Bukan Hanya Karena Tabrak Gunung Es | merdeka.com

Bukti Baru Ungkap Kapal Titanic Tenggelam Bukan Hanya Karena Tabrak Gunung Es Kapal Titanic. ©2014 Merdeka.com/amhistory.si.edu

Merdeka.com - Sejak kapal RMS Titanic tenggelam dalam perjalanan dari Southampton, Inggris menuju New York, Amerika Serikat pada April 1912, kita mengira kapal itu berlayar terlalu cepat dan kemudian menabrak gunung es. Namun bukti baru dan penyelidikan mendalam mengungkap kapal terbesar di zamannya itu tidak tenggelam hanya karena menabrak gunung es.

Senan Molony, penulis Irlandia yang mendalami sejarah Titanic, menyebut bukti baru menyiratkan tenggelamnya kapal itu diawali karena peristiwa kebakaran, bukan gunung es.

taboola mid article

Bukti dari teori ini dimuat dalam sebuah film dokumenter "Titanic: The New Evidence" yang dirilis Januari lalu.

"Penyelidikan resmi soal Titanic menyebut peristiwa itu terjadi karena kehendak Tugan," ujar Molony kepada The Times, seperti dilansir laman IFL Science. "Ini bukanlah cerita sederhana yang berkaitan dengan gunung es dan peristiwa tenggelam. Ini adalah hasil dari kolaborasi sejumlah faktor: api, es, dan kelalaian.

Molony menyebut kobaran api di bagian bunker batu bara kapal Titanic sebelum kapal itu meninggalkan galangan di Belfast. Hasil foto belum lama ini mengungkap kapal itu memiliki tanda hitam sepanjang 9 meter di bagian lambbung kapal sebelum meninggalkan Southampton. Teori baru itu mengatakan api membuat baja di bagian lambung kapal itu bengkok dan menjadikan bagian itu rapuh.

2 dari 2 halaman

Lambung kapal rapuh

Di titik itulah diyakini kapal itu menabrak gunung es. Molony mengatakan kerusakan akibat api itu membuat lambung kapal rapuh dan lebih rentan saat terjadi tekanan akibat menghantam gunung es.

Dia menuturkan, peristiwa kebakaran itu sudah diketahui sebelumnya tapi disembunyikan dari publik karena khawatir mengganggu rencana pelayaran yang sudah ditunda sebanyak dua kali.

Teori baru ini senada dengan apa yang sebelumnya disampaikan oleh profesor Robert Essenhigh seperti dilaporkan Science Daily pada 2004. Dia beralasan, kebakaran parah itu kemungkinan besar membuat anak buah kapal mempercepat laju pelayaran sehingga membuat mereka menabrak gunung es.

Sejumlah sejarawan sepakat kebakaran terjadi sebelum peristiwa tabrakan dengan gunung es. Kalangan lain menyebut selain kerusakan akibat kebakaran, kerasnya tabrakan membuat lambung kapal tidak sanggup bertahan. [pan]

Baca juga:Akhirnya Ditemukan, Puing Kapal Selam Titan Berada 488 Meter dari Bangkai TitanicCerita Horor Mantan Penumpang Kapal Selam Wisata Titan: Tidak Ada Kapsul PenyelamatTernyata, Perusahaan Kapal Selam Titan Pernah Digugat Terkait Keamanan PenumpangKapal Selam Titanic Dinyatakan Hancur, 5 Penumpang TewasIni Kecanggihan Kapal Selam Wisata Titan yang Meledak di Samudra AtlantikIntelijen AS Akhirnya Punya Kesimpulan tentang Asal- Usul Covid-19Korban Wabah Tertua di Dunia 4.000 Tahun Lalu Akhirnya Terungkap, Ini IdentitasnyaIlmuwan Ungkap Nenek Moyang Kuda Modern Punya Banyak Tapak Jari Kaki, Bukan SatuAksara Paku Berusia 2500 Tahun Diterjemahkan Menggunakan AI, Ini HasilnyaDi Balik Gundukan Tanah, Ilmuwan Temukan Istana Misterius Mesopotamia yang Hilang

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek