Pilihan

Spesifikasi Deepsea Challenger, Kapal Selam Penakluk Laut Dalam yang "Lebih Baik" dari Kapal Wisata Titanic

 

Spesifikasi Deepsea Challenger, Kapal Selam Penakluk Laut Dalam yang "Lebih Baik" dari Kapal Wisata Titanic



Hesti Puji Lestari, Hesti Puji Lestari

Bisnis.com, SOLO - Setelah insiden hilangnya kapal selam wisata Titanic, orang mulai membanding-bandingkan dengan Deepsea Challenger.

Hal tersebut wajar sebab Deepsea Challenger dianggap "lebih baik" dalam hal keamanan kala menjelajah laut dalam ketimbang Titan yang digunakan OceanGate untuk ekspedisi bangkai kapal Titanic.

Deepsea Challenger (DCV 1) adalah kapal selam selam sedalam 7,3 meter (24 kaki) yang dirancang untuk mencapai dasar Challenger Deep, titik terdalam yang diketahui di Bumi.

Pada 26 Maret 2012, sutradara film asal Kanada bernama James Cameron mengemudikan kapal tersebut untuk melihat dasar terdalam laut di Palung Mariana.

Deepsea Challenger merupakan kapal selam yang dibangun di Sydney, Australia, oleh perusahaan riset dan desain Acheron Project Pty Ltd.

Kepada Mirror, James Cameron membangikan kisah menegangkan saat dirinya menjelajah laut dalam di Palung Mariana.

Sutradara film Titanic tersebut mengaku jika ekspedisi bawah laut bukan kegiatan mudah dan cukup bertaruh nyawa. Itulah mengapa, Cameron tidak terkejut saat Titan dinyatakan hilang dan meledak.

"Saya merasakan apa yang telah terjadi. Untuk elektronik kapal selam gagal dan sistem komunikasinya gagal, dan transponder pelacaknya gagal secara bersamaan, kapal selam hilang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek