Pilihan

Penjelajah Bangkai Kapal Titanic Termuda Beber Kesaksian Mengerikan - detik

 

Penjelajah Bangkai Kapal Titanic Termuda Beber Kesaksian Mengerikan

By Adi Fida Rahman
detik.com
June 25, 2023
Foto: WHOI Archives/Woods Hole Oceanographic Institution/REUTERS
Foto: WHOI Archives/Woods Hole Oceanographic Institution/REUTERS
Surabaya -

Sebastian Harris (13), pemegang rekor penjelajah Titanic termuda mengungkap risiko mengerikan perjalanan ke bangkai kapal. Sebab bahaya kerap terjadi secara teratur dalam ekspedisi kapal yang tenggelam tahun 1912.

Dia mengenang sempat jatuh pingsan selama perjalanannya pada tahun 2005. Sebab, dia melakukan penyelaman sedalam 12.500 kaki atau 3,81 kilometer ke bangkai Titanic. Dia bersama ayahnya sekaligus pemimpin ekspedisi Titanic, G. Michael Harris, menggunakan kapal selam Rusia Mir II.

Dia menceritakan momen yang mengancam jiwa selama perjalanan - yang memakan waktu 12 jam- setelah 'masalah keamanan kecil'.

"Tiba-tiba kadar oksigen kami mulai turun, dan saya jatuh pingsan saat kami menyelam," katanya dikutip dari People.

Untungnya Michael Harris dan penumpang lainnya tidak terpengaruh. Bila tidak, mereka bisa jadi senasib dengan seluruh penumpang kapal selam Titan.

"Jika tidak, itu mungkin berakibat fatal," katanya.

"Syukurlah kami memiliki pengukur oksigen di dalam kapal selam yang menunjukkan kadar oksigen lebih rendah dari biasanya. Jadi kami menyalakannya, dan kemudian saya kembali bermain," kenang Sebastian.

Dia menyebut dalam perjalanan ekspedisi kerap terjadi bahaya. "Kegiatan ini pada dasarnya berbahaya. Sertifikasi dan keamanan kendaraan ini sangat penting," jelasnya.

Pada hari Kamis, diumumkan bahwa kapal selam Titan yang menghilang pada 17 Juni, diyakini telah meledak, merenggut nyawa penumpang Shahzada dan Suleman Dawood, CEO OceanGate Stockton Rush, pilot Hamish Harding dan ahli Titanic Paul-Henri Nargeolet.

Pernyataan Sebastian Harris tentang risiko perjalanan Titanic muncul setelah pemodal Las Vegas Jay Bloom dan putranya Sean Bloom memberi tahu orang-orang bahwa mereka menolak untuk melakukan perjalanan karena khawatir tentang keselamatan kapal.

"Saya memberi tahu (ayah saya), 'Dude, kapal selam ini tidak dapat bertahan hidup sedalam itu di lautan,'" kata Sean (20). "Saya khawatir karena saya tidak berpikir kapal selam dapat menahan tekanan semacam itu dan itu tidak dimaksudkan untuk pergi sejauh itu".

Dia dan temannya Simon - yang juga mengkhawatirkan keselamatan Titan - mulai melihat lebih dekat pada kapal selam yang sebenarnya akan mereka masuki untuk penyelaman hampir tiga mil ke lautan di lepas pantai Newfoundland.

"Itu kapal selam kecil, dengan lima orang berdesakan di dalamnya," kata Sean. "Rasanya sangat tidak aman. Sesuatu memberi tahu saya bahwa ini bukan langkahnya".


Simak Video "AS Usut Penyebab Kapal Selam Titanic Meledak"
[Gambas:Video 20detik]

(afr/fat)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek