Hasil Japan Open 2023: Gregoria Singkirkan Ranking 1 Dunia, 3 Wakil Indonesia ke Semifinal - inews

 Hasil Japan Open 2023: Gregoria Singkirkan Ranking 1 Dunia, 3 Wakil Indonesia ke Semifinal

Hasil Japan Open 2023: Gregoria Singkirkan Ranking 1 Dunia, 3 Wakil Indonesia ke Semifinal Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung singkirkan jagoan tuan rumah Akane Yamaguchi pada perempat final Japan Open 2023. (Foto: Instagram/@badminton.ina)

TOKYO, iNews.id - Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung singkirkan jagoan tuan rumah Akane Yamaguchi pada perempat final Japan Open 2023. Dia menang 21-11, 11-21 dan 21-18 di Yoyogi National Gymnasium, Jumat (28/7/2023) malam WIB.

Gregoria berhak melangkah ke semifinal turnamen Super 750 itu. Selanjutnya dia akan berjumpa dengan unggulan kelima asal China, He Jing Biao.

Ada tiga wakil Indonesia yang ke semifinal. Selain Gregoria ada pula Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Jalannya Pertandingan

Gregoria memulai pertandingan dengan buruk sehingga tertinggal 1-3 lebih dulu. Namun, dia bisa bangkit dengan cepat dan meraih enam poin beruntun untuk berbalik unggul 7-3.

Tak mau dipermalukan di depan publiknya sendiri, Yamaguchi berusaha bangkit dan kembali mendekat di angka 6-8. Akan tetapi, sang wakil Merah-Putih mampu memperlebar keunggulannya lagi dan mencapai interval gim pertama lebih dulu dengan keunggulan 11-6.

Variasi serangan dropshot dan smash silang yang dilancarkan Gregoria terus membuat pemain ranking satu dunia itu kerepotan. Hasilnya, pemain kelahiran Wonogiri itu semakin menjauh dengan memimpin 16-8 setelah memperoleh delapan poin beruntun.

Pemain ranking delapan dunia itu pun tak mengendurkan serangannya. Dia terus menekan Yamaguchi hingga akhirnya berhasil menutup gim pertama dengan kemenangan 21-11.

Pada gim kedua, Yamaguchi berhasil memegang kendali permainan dan memberikan tekanan pada Gregoria. Pemain berusia 26 tahun itu langsung memimpin 3-1 dan kemudian 6-2.

Gregoria berusaha keras untuk memberikan perlawanan. Namun, Yamaguchi mampu mengubah pola permainannya dan sangat merepotkannya. Alhasil, sang bintang Negeri Sakura terus unggul dan menginjak interval gim kedua dengan keunggulan 11-6.

 Yamaguchi benar-benar tampil gemilang dan membuat Gregoria tak berkutik. Dia pun sukses memimpin dengan keunggulan 17-8 dan kemudian merebut gim kedua dengan kemenangan 21-11.

Pada gim penentuan, Gregoria kembali mendominasi dengan serangan-serangannya yang mematikan. Permainannya di depan net pun ciamik sehingga membuatnya unggul 7-2. Lalu, Yamaguchi bisa mendekatinya di angka 9-10, tetapi sang jagoan Pelatnas PBSI tetap bisa memimpin 11-8 saat interval.

Selepas rehat, Gregoria masih menjaga dominasinya lewat kesabaran yang ditunjukkannya dalam reli-reli panjang. Pemain berusia 23 tahun itu pun terus unggul di angka 15-11.

Akan tetapi, pertarungan sengit terjadi selepas itu, Yamaguchi menunjukkan semangat pantang menyerah yang luar biasa hingga bisa memangkas ketertinggalannya menjadi 15-16.

Jual beli serangan dalam reli-reli panjang pun terus berlangsung di poin-poin kritis. Pada akhirnya, Gregoria bisa mempertahankan keunggulannya untuk mengunci kemenangan di gim ketiga dengan skor 21-18.

Editor : Reynaldi Hermawan

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:

Baca Juga

Komentar