Istiqlal Bagikan Daging Sapi Kurban Presiden Jokowi, Mekanisme Kupon Tak Lagi Digunakan By BeritaSatu.

 

Istiqlal Bagikan Daging Sapi Kurban Presiden Jokowi, Mekanisme Kupon Tak Lagi Digunakan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Hewan kurban sapi pemberian Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma
Hewan kurban sapi pemberian Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Masjid Istiqlal telah dipotong di Rumah Pemotongan Hewan

Jakarta, Beritasatu.com - Hewan kurban sapi pemberian Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Masjid Istiqlal telah dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Jakarta Pusat, Sabtu (01/07/2023). Masjid Istiqlal melakukan penyembelihan pada hari ini karena bertepatan dengan Hari Tasyrik yang kedua di Indonesia.

Sapi kurban pemberian Presiden Jokowi berjenis Simmental seberat 1,2 ton. Sementara, sapi kurban milik Wapres Ma'ruf Amin berjenis sapi limosin yang beratnya 1,1 ton.

Ketua Panitia Idul Adha Masjid Istiqlal, Abu Hurairoh mengatakan dalam waktu dua jam penyembelihan sejak pukul 07:30 WIB, daging sapi pemberian Presiden sudah siap dibagikan kepada masyarakat. "Totalnya kami semua di sini ada 43 ekor sapi kurban dengan 8 ekor kambing, tapi total yang kami terima itu 49 (sapi) kami bagi secara hidup-hidup itu ada 6 ke lembaga. Daritadi juga sekitar 2 jam penyembelihan hewan kurban Bapak Presiden kami sudah mulai distribusikan," kata Abu Hurairoh di RPH Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (1/7/2023).

Sementara, pembagian daging kurban sudah tidak lagi menggunakan kupon. Hal ini untuk mencegah adanya kerumunan, antrean panjang bahkan hingga aksi penjualan daging kurban. Sehingga sistem pembagian harus melalui proposal diisi oleh pemohon. Adapun penerima daging kurban di antaranya berbagai mushola, rumah yatim, rumah tahfiz, penyandang disabilitas, tunarungu, dan tunanetra.

"Oh itu terjadi beberapa tahun yang lalu saat masih menggunakan mekanisme kupon. Memang itu rawan mengumpulkan warga yang sedemikian banyaknya, bukan hanya dari sekitar Masjis Istiqlal ada yang datang dari Karawang, luar Jakarta hanya untuk mendapatkan daging," jelas Abu.

"Setelah mereka mendapatkan daging, mereka kan butuhnya uang. Nah, ada penadahnya mereka jual, mereka mendapatkan uang, dan itu pemandangan yang kurang bagus. Makanya kami mengadakan distribusi yang lebih terhormat yang sesuai dengan syariat Islam," tutupnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov DKI Jakarta, Rismiati, memastikan seluruh hewan kurban dalam keadaan sehat. "Alhamdulilah dari 49 sapi yang sembelih yang ada di Istiqlal ini alhamdulilah dalam kondisi sehat semua, termasuk kambing 8 ekor. Kita melakukan pengecekan sampel darah, sampel feses, alhamdulilah sehat," ujar Rismiati.

"Dan untuk sapi lainnya kita lakukan pemeriksaan secara visual kita lihat sekarang posisinya semuanya sehat, bulunya mengkilap, matanya juga bersinar, terus gerakannya juga lincah," tambahnya.

Tak hanya pemberian Presiden dan Wapres, sapi kurban lainnya datang dari Kementerian Agama, Kementerian SDM, Menteri Perhubungan, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, KSAD Dudung Abdurachman, Jusuf Hamka, Artha Graha, Megawati Soekarno Putri beserta keluarga. Masjid Istiqlal juga mendapatkan hadiah sapi dari para Romo di Gereja Katedral Jakarta Pusat seberat hampir 1 ton.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar