Pilihan

Kapolda Papua Yakin KKB Egianus Tak Akan Tembak Mati Pilot Susi Air Hari Ini - detik

 

Kapolda Papua Yakin KKB Egianus Tak Akan Tembak Mati Pilot Susi Air Hari Ini

By Raymond Latumahina
detik.com
June 30, 2023
Foto: Yogi Ernes/detikcom
Foto: Yogi Ernes/detikcom
Jayapura -

Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri buka suara terkait ancaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya akan menembak mati pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens hari ini. Irjen Mathius meyakini Egianus tak akan melaksanakan ancaman tersebut.

Irjen Mathius awalnya berbicara tentang tenggat waktu yang diberikan KKB Egianus telah berakhir hari ini, 1 Juli 2023. Irjen Mathius mengatakan dia tidak akan membahas lebih jauh tentang tenggat waktu yang sudah berakhir.

"Saya tidak bicara hari terakhir. Saya meyakini bisa berjalan aman dan damai," kata Irjen Mathius kepada wartawan di Mapolda Papua, Koya Koso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Sabtu (1/7/2023).

Mathius mengatakan pihaknya justru masih melakukan negosiasi. Dia berharap ada itikad baik dari Egianus Kogoya.

"Dan negosiasi yang sudah kita lakukan mudah-mudahan ini juga Egianus mempunyai hati yang baik sebagai orang Papua. Sebagai anak negeri yang mencintai kedamaian yang terlalu memperhatikan kemanusiaan," kata Mathius.

Mathius mengatakan orang Papua memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi. Dia percaya rasa kemanusiaan yang tinggi tersebut juga bisa ada di dalam diri Egianus Kogoya dan kelompoknya sehingga pilot Susi Air bisa diselamatkan.

"Saya meyakini itu. Saya lihat kan semua unsur sudah bekerja. Tokoh masyarakat, keluarga besar Egianus, tokoh agama apalagi mudah-mudahan ada ruang-ruang yang baik untuk dipakai untuk pilot ini bisa kembali ke keluarganya," katanya.

Tenggat Waktu dari Egianus Kogoya

Egianus Kogoya sebelumnya mengajukan 2 syarat agar pihaknya melepaskan sang pilot, salah satunya karena adanya permintaan uang. Saat itulah Egianus memberikan tenggat waktu hingga 1 Julis 2023 alias hari ini.

Irjen Marthius saat itu memberi atensi khusus terhadap ancaman KKB tersebut. Polisi meminta Egianus agar mengurungkan niatnya membunuh sang pilot.

"Kami berharap Egianus tidak melakukan ancamannya, yakni menembak pilot Susi Air tanggal 1 Juli mendatang," kata Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri dikutip dari detikNews yang melansir Antara, Kamis (29/6/2023).


Simak Video "Pilot Susi Air: Saya Akan Dilepas Usai Papua Merdeka"
[Gambas:Video 20detik]

(hmw/urw)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek