Jejak Silsilah Prabowo dan Wasiat Pemakaman Pangeran Diponegoro By CNN Indonesia

 

Jejak Silsilah Prabowo dan Wasiat Pemakaman Pangeran Diponegoro

By CNN Indonesia

CNN Indonesia

Senin, 17 Jul 2023 15:21 WIB

Prabowo berulang kali ingin memindahkan makam Pangeran Diponegoro. Lalu sebenarnya bagaimana wasiat Diponegoro mengenai lokasi pemakaman?

Pangeran Diponegoro. (collectie.tropenmuseum.nl via wikimedia commons (CC-PD-Mark)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kembali mengutarakan keinginannya memindahkan makam Pangeran Diponegoro dari Makassar ke kampung halamannya di Yogyakarta.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam acara Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Kamis (14/7). Ini bukan kali pertama Prabowo mengutarakan ambisinya tersebut. Hal itu juga pernah disampaikannya pada 2018.

"Di sini, di kota ini [Makassar] juga ada makam Pangeran Diponegoro yang dibuang dari daerah asalnya. Dan, tidak ada salahnya kita berpikir apakah tidak di alam merdeka, tentunya dengan seizin rakyat Sulawesi Selatan, apakah tidak ada baiknya kita kembalikan makamnya Pangeran Diponegoro ke kampung halamannya lagi. Perlu kita pikirkan," ujar Prabowo.

Lantas, mengapa Prabowo berkali-kali mengusulkan pemindahan makam itu?

Adik kandung Prabowo, Hashim Djojohadikusumo sempat bercerita tentang silsilah keturunan keluarganya yang ternyata memiliki keterkaitan dengan Pangeran Diponegoro.

Pangeran Diponegoro merupakan salah satu pahlawan nasional yang dikenal memimpin Perang Jawa melawan Belanda (1825-1830).

"Pangeran Diponegoro dibantu oleh beberapa, panglima-panglimanya, salah satu itu nenek moyang kami. Yang namanya Raden Tumenggung Kertanegara. Ada juga dinamakan, diberikan nama eyang Banyakwide," ujar Hashim dalam 'Sang Patriot: Prabowo Subianto' yang disiarkan dalam YouTube Gerindra TV, Februari 2014.

Sejarawan dari Universitas Oxford, Peter Carey mengonfirmasi bahwa Prabowo memiliki garis keturunan atau trah dari keraton dan Banyakwide.

"Jadi dari dua trah. Dari pihak keraton dan Banyakwide, menjadi orangtua dari mas Margono. Jadi dia punya suatu trah yang agak luar biasa," kata Peter.

Pemerhati sejarah dan budayawan Kebumen, Ravie Ananda menerangkan Banyakwide adalah senopati Diponegoro yang memimpin pertempuran di 'Urutsewu Panjer' (Kabupaten Kebumen sekaran). Nama 'Banjakwide (tertulis Banjakwedi di buku de Java Oorlog), memimpin pasukan yang beranggotakan hingga 900 orang.

"Menurut silsilah di Makam Pekuncen, Prabowo tidak ada jalur keturunan Diponegoro, tetapi leluhurnya adalah salah satu senopati perang hingga masa akhir perang Diponegoro," jelas Ravie kepada CNNIndonesia.com, Jumat (14/7).

Ravie Ananda kemudian memaparkan silsilah Prabowo hingga Banyakwide.

- Banyakwide (Kertanegara IV), berputra- R. Kartohatmojo (Patih Banjarnegara), berputra- Hendrokusumo, berputra- Margono, berputra- Sumitro, berputra

- Prabowo Subianto

"Itu artinya [Prabowo] turun kelima dari Banyakwide," ujar Ravie menegasakn.

Klik untuk selanjutnya: Wasiat Diponegoro soal pemakaman >>

Wasiat Makam dalam Babad Diponegoro


BACA HALAMAN BERIKUTNYA

TOPIK TERKAIT

Baca Juga

Komentar