Kelangkaan Gas LPG 3 Kg di Kediri, Ratusan Tabung Ludes dalam 1 Jam By BeritaSatu

 

Kelangkaan Gas LPG 3 Kg di Kediri, Ratusan Tabung Ludes dalam 1 Jam

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 17, 2023
Antrean warga di pangkalan tabung gas LPG 3 kg di Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Kota Kediri terjadi Rabu, 26 Juli 2023.
Antrean warga di pangkalan tabung gas LPG 3 kg di Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Kota Kediri terjadi Rabu, 26 Juli 2023.

Kediri, Beritasatu.com - Kota Kediri mengalami kelangkaan tabung gas LPG 3 kg selama lebih dari 1 minggu. Banyak pangkalan atau agen yang kehabisan stok karena pasokan dari agen SPBE (stasiun pengisian bahan bakar elpiji) belum tiba.

Pantauan Beritasatu.com, antrean warga di pangkalan tabung gas LPG 3 kg di Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Kota Kediri terjadi Rabu (26/7/2023), tampak memanjang hingga ke pinggir jalan raya. Warga membawa tabung gas elpiji 3 kg kosong untuk ditukarkan dengan tabung yang baru datang ke pangkalan.

Kegelisahan warga karena takut kehabisan tabung menyebabkan mereka saling meminta untuk didahulukan saat menukarkan tabung gas LPG 3 kg yang baru tiba. Dalam waktu 1 jam saja, sebanyak 100 tabung LPG terjual habis.

Tak hanya satu tabung, banyak warga yang memborong 2 hingga 10 tabung LPG sebagai persediaan. Alasan mereka adalah karena selama seminggu terakhir, tabung gas LPG 3 kg sulit ditemukan di Kota Kediri.

Salah satu warga bernama Jepri menyatakan bahwa ia memilih antre di pangkalan karena harga tabung gas lebih murah, yakni Rp 16.000 per tabung. Di sekitar rumahnya, harga bisa mencapai Rp 19.000 dan sering kali kosong.

"Antre sekitar 1 jam dengan warga lain. Saya sengaja membeli langsung di sini karena harganya lebih murah," kata Jepri.

Pemilik pangkalan gas elpiji, Cindy, menjelaskan bahwa pihaknya mendapatkan pengiriman 100 tabung gas elpiji dari agen SPBE. Namun, dalam waktu 1 jam stok tabung ludes terjual. Harga tetap dipertahankan Rp 16.000 per tabung gas elpiji 3 kg.

"Agar merata, kami membatasi 1 orang hanya boleh membeli 1 tabung dengan menunjukkan KTP," jelas Cindy, pemilik pangkalan.

Karena syarat itu, salah seorang warga bernama Ririn harus pulang dengan tangan hampa meski sudah antre lama. Ia lupa membawa fotokopi KTP dan KK.

"Tadi sudah antre, lalu pulang dan saat kembali sudah kehabisan. Tadi sempat mencari ke beberapa pangkalan, tetapi semuanya kosong," kata Ririn.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar