Pilihan

Keracunan Massal Makan Daging Kurban di Surabaya, 25 Orang Masih Dirawat di RS By BeritaSatu

 

Keracunan Massal Makan Daging Kurban di Surabaya, 25 Orang Masih Dirawat di RS

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Korban keracunan massal akibat makan daging kurban mendapat penanganan medis di Puskesmas Tanah Kali Kedinding, Surabaya, Sabtu 1 Juli 2023.
Korban keracunan massal akibat makan daging kurban mendapat penanganan medis di Puskesmas Tanah Kali Kedinding, Surabaya, Sabtu 1 Juli 2023.

Surabaya, Beritasatu.com – Sebanyak 25 orang warga Kalilom Lor Indah Seruni II, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, yang diduga keracunan daging kurban masih mendapat perawatan intensif di rumah sakit (RS), Sabtu (1/7/2023).

Data yang didapat Beritasatu.com, 25 orang masih dirawat di empat tempat akibat keracunan daging kurban. Empat tempat itu, yakni Puskesmas Tanah Kali Kedinding, RS dr Soewandhie, RS Unair, dan RS Mitra Keluarga, Surabaya. Adapun 18 orang menjalani rawat jalan.

Dari total 25 warga yang dirawat akibat keracunan daging kurban, sebanyak 14 warga dirawat di Puskesmas Tanah Kali Kedinding dengan gejala sedang, sementara sebanyak 11 warga dengan gejala berat dirawat di Rumah Sakit Soewandhie, RS Unair dan Rumah Sakit Mitra Keluarga.

Dr Kresna, penanggung jawab IGD Puskesmas Tanah Kali Kedinding mengatakan, pasien yang dirawat rata-rata mengeluh sakit perut, pusing hingga demam tinggi.

"Rata-rata warga yang diduga mengalami keracunan, mengeluh pusing, sakit perut, mual hingga demam tinggi," kata Kresna.

Sementara itu, tim kader kesehatan dan puskesmas terus melakukan pemantauan di setiap rumah yang penghuni keluarganya mengalami gejala keracunan. Petugas kesehatan juga telah mengambil sample berupa air, sisa dari sate, gule dan krengsengan, untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Kasnari, korban yang masih dirawat di puskesmas mengaku, saat acara makan-makan pada Jumat (30/6/2023) malam, dia hanya makan sate tiga tusuk saja. Pada pagi hari tadi, dia langsung diare hingga badan merasa lemas.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

"Saya hanya makan sate saja tiga biji (tiga tusuk). Karena sudah umur (tua), gule saya tidak mau. Terus besoknya diare. Anak saya juga kena, satu keluarga dan dirawat di Mitra Keluarga," aku Kasnari.

Sebelumnya diberitakan, Puluhan Warga Kalilom Lor Indah Seruni II, Kali Kedinding, Kenjeran Surabaya, mengalami keracunan massal. Diduga, keracunan masal puluhan warga tersebut setelah menyantap berbagai menu olahan daging kurban.

Ada sekitar 55 sampai 60 warga yang didominasi orang dewasa yang menjadi korban keracunan massal. Acara pesta rakyat tersebut dilakukan pada Jumat (30/6/2023) malam.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek