Lepas dari Pandemi Covid-19, Pariwisata Bali Baru Pulih 80% By BeritaSatu

 

Lepas dari Pandemi Covid-19, Pariwisata Bali Baru Pulih 80%

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
May 7, 2023
Suasana di Pantai Sanur, Bali.
Suasana di Pantai Sanur, Bali.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Bali, I Putu Winastra menyebut pasca pandemi Covid-19 sektor pariwisata di pulau Dewata baru pulih 80%. Adapun proses pemulihan ini mulai terlihat sejak pertengahan tahun 2022 yaitu saat pertama kali Bali kembali dibuka untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dirinya menyebut salah satu faktor penyebab sektor pariwisata khususnya penerbangan belum pulih 100% karena harga tiket pesawat yang masih tinggi.

"Artinya sudah ada pemulihan namun belum 100% ya dari sisi persentase jadi boleh dikatakan masih sekitaran 80% lah kunjungan karena memang faktor-faktor itu tadi jadi ada pesawat juga masih terlalu mahal terutama yang long on flight," ucap Putu kepada Beritasatu.com

Sebagai mewakili asosiasi tour dan travel, Putu mengatakan hingga saat ini Bali masih bergantung pada penerbangan negara lain karena Garuda belum menjangkau Eropa. Aksesibilitas ini merupakan salah satu penyebab jumlah wisatawan mancanegara belum sebanyak sebelum pandemi.

Meskipun demikian, Putu tetap optimis bahwa pariwisata khususnya di Bali dapat kembali bergairah seperti sedia kala. Dirinya juga mengimbau kepada para pelaku usaha untuk terus semangat melakukan promosi-promosi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Dirinya berharap pariwisata Bali sebagai salah satu destinasi utama Indonesia bahkan internasional ini dapat terus dilestarikan dan dijaga agar tidak sampai tercoreng nama baiknya.

"Kami ASITA Bali tentu menyampaikan optimisme bahwa pariwisata Bali ini akan pulih dan juga kita baik pelaku pemerintah masyarakat harus selalu menjaga kenyamanan dan keamanan destinasi Bali ini terlebih destinasi Bali ini menjadi sebuah destinasi yang sudah dikenal di mancanegara di seluruh dunia oleh karena itu jangan sampai destinasi ini tercoreng hanya segelintir orang yang memanfaatkan momen," tuturnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar