Pilihan

Mahasiswa Unbraw asal Jakarta Luka Parah Terjerat Kabel Fiber Optik, Kondisinya Memprihatinkan - inews

 

Mahasiswa Unbraw asal Jakarta Luka Parah Terjerat Kabel Fiber Optik, Kondisinya Memprihatinkan

jatim.inews.id
July 27, 2023
Mahasiswa Universitas Brawijaya
Mahasiswa Universitas Brawijaya

MALANG, iNews.id - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (Unbraw), Malang, Jawa Timur turun tangan usai mahasiswanya asal Jakarta luka parah akibat terjerat kabel fiber optik yang menjuntai. Kisah mahasiswa bernama Sultan Rif'at Alfatih ini viral di media sosial setelah terkena kabel tersebut pada 5 Januari 2023 di Jakarta.

Sultan Rif'at Alfatih terluka di bagian leher hingga tidak bisa bicara serta kesulitan makan minum secara normal harus dibantu menggunakan selang. Sehari-hari Sultan hanya mampu mengonsumsi susu dan makanan cair yang membuat tubuhnya juga kian kurus.

Dekan FISIP Unbraw Anang Sujoko menyampaikan, hingga kini masih aktif berkomunikasi dengan orang tua Sultan dan berkomitmen membantu proses perkuliahan.

“Kami melalui Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan terus komunikasi dengan pihak Sultan. Kita berkomitmen untuk membantu proses kuliahnya,” ujar Anang dikonfirmasi pada Kamis (27/7/2023).

Dia menyarankan kepada orang tua Sultan, agar putranya mengambil cuti terlebih dahulu. Nantinya, kata dia jika Sultan akan melanjutkan perkuliahan pihaknya akan mendampingi.

“Kita menyarankan untuk mengambil cuti. Jika selanjutnya akan meneruskan perkuliahan di UB (Universitas Brawijaya), FISIP siap mendampingi Sultan untuk menyelesaikan studinya,” ucapnya.

Dia juga tengah berkomunikasi dengan Fakultas Hukum (FH) Unbraw untuk memberikan bantuan hukum advokasi bagi Sultan akibat insiden kabel tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan teman teman FH UB. Pihak Sultan juga akan menempuh jalur hukum soal ini, kami akan bantu dengan advokasi dari teman teman FH,” katanya.

Pihaknya, lanjut dia akan terus membantu Sultan hingga mendapatkan tanggung jawab dari pihak terkait atas insiden yang dialaminya. Apalagi untuk bertahan hidup, Sultan harus menjalani serangkaian operasi dengan biaya tak murah hingga mencapai Rp 1,5 miliar.

“Saya tadi juga sudah kontak pamannya, intinya Sultan adalah anggota civitas UB dan kami akan bersama dalam kasus ini hingga PT bertanggung jawab,” ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Diberitakan sebelumnya, Sultan mengalami kisah pilu usai terjerat kabel fiber optik yang melintang di Jalan Antasari Raya Cilandak Jakarta Selatan. Peristiwa tersebut menyebabkan Sultan mengalami patah tenggorokan (fracture).

Peristiwa kecelakaan terjadi pada 5 Januari 2023 pukul 10.35 WIB dan hingga kini korban masih terbaring lemah dengan kondisi memprihatikan.

Sultan masih bolak balik ke rumah sakit selama 7 bulan karena perawatan menggunakan BPJS. Usai kejadian, mahasiswa jurusan ilmu pemerintah ini sempat koma selama dua minggu dan dirawat di Rumah Sakit Fatmawati Cilandak Jakarta Selatan.

Menurut ayah korban, Fatih peristiwa kecelakaan terjadi saat anaknya yang masih semester lima, mengisi liburan ke rumah orang tuanya di Bintaro Tangerang Selatan.

Saat itu, Rifat mengendarai motor di Jalan Antasari Raya Jakarta Selatan. Tiba-tiba kabel fiber optik lepas kencang menjerat lehernya karena sebelumnya kabel tersebut tertarik dari pengendara mobil SUV yang berada di depannya dan lepas mengenai leher korban.

Pihak keluarga sudah menemui perusahaan pemilik kabel fiber optik tersebut dan berjanji akan menyelesaikan kasus ini, namun hingga tujuh bulan berlalu belum ada titik temu, meski mediasi dengan perusahaan telah dilakukan.

Editor : Kurnia Illahi

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek