Pilihan

Masuk Musim Kemarau, Dinkes Bantul Minta Warga Waspada Penyakit Ispa - inews

 

Masuk Musim Kemarau, Dinkes Bantul Minta Warga Waspada Penyakit Ispa

yogya.inews.id
July 20, 2023
Pemkab Bantul imbau warga gunakan masker untuk mnecegah penyakit selama musim kemarau.
Pemkab Bantul imbau warga gunakan masker untuk mnecegah penyakit selama musim kemarau.

BANTUL, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul meminta masyarakat untuk mewaspadai munculnya sejumlah penyakit pada peralihan ke musim kemarau. Banyaknya debu yang beterbangan rawan menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya infeksi saluran pernapasan (ispa).

"Karena kalau debu berterbangan dan mengenai mata, maka dapat mengakibatkan iritasi mata dan itu yang berpotensi terjadi pada masyarakat saat musim kemarau," kata Kepala Dinkes Bantul Agus Tri Widyantara, Kamis (20/07/2023).

Selain itu, debu yang terhirup juga berpotensi menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan, di antaranya batuk pilek, influenza dan lain sebagainya. Selai itu juga akan berdampak pada sistem pencernaan.

“Karena banyak debu yang mengandung kuman terbawa angin dan mengenai makanan maka dapat berpotensi menimbulkan gangguan-gangguan pada saluran pencernaanseperti diare," katanya.

Dinkes juga mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan air bersih dalam kehidupan sehari-hari. Selain debu, penggunaan air yang kurang higienis juga berpotensi menimbulkan penyakit jika dikonsumsi.

Dengan adanya potensi-potensi tersebut, masyarakat diminta menggunakan masker, terutama di tempat terbuka dan banyak paparan debu seperti saat di jalan. Masyarakat juga diminta mengkonsumsi air bersih berkualitas yang cukup.

"Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, mengkonsumsi buah, sayuran dan berolahraga," ucapnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek