Pilihan

Mengenal Grebeg Suro di Ponorogo, Tradisi Tahunan Tiap 1 Suro By celebrities

 

Mengenal Grebeg Suro di Ponorogo, Tradisi Tahunan Tiap 1 Suro

By celebrities.id
celebrities.id
October 30, 2021
Mengenal Grebeg Suro, Tradisi Tahunan Masyarakat Ponorogo yang Sarat Kearifan Lokal
Mengenal Grebeg Suro, Tradisi Tahunan Masyarakat Ponorogo yang Sarat Kearifan Lokal

JAKARTA, celebrities.id - Mengenal Grebeg Suro, acara tradisi tahunan masyarakat Ponorogo, Jawa Timur yang dirayakan setiap 1 Suro atau 1 Muharram. 

Menjelang tahun baru Islam, setiap daerah memiliki cara sendiri dalam merayakannya. Salah satunya Grebeg Suro yang dilakukan masyarakat Ponorogo.

Dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (18/7/2023), celebrities.id telah merangkum pengertian Grebeg Suro sebagai berikut.

Mengenal Grebeg Suro

Grebeg Suro merupakan salah satu budaya yang berbentuk pesta rakyat. Pesta rakyat ini dilakukan dalam rangka menyambut tahun baru Islam. 

Acara ini menampilkan berbagai macam tradisi seperti Reog Nasional, Pawai Lintas Sejarah, Kirab Pusaka dan Larungan Risalah Doa di Telaga Ngebel.

Menurut sejarah, Grebeg Suro merupakan kebiasaan yang dilakukan masyarakat kabupaten Ponorogo setiap pergantian tahun dalam kalender Jawa yang disebut 1 Suro. Tradisi ini sudah ada sejak tahun 1980-an. 

Pada masa pemerintahan Bupati Ponorogo Soebarkah Poetro Hadiwirjo melihat Grebeg Suro sebagai tradisi yang harus dilestarikan. Bupati Ponorogo pun memberikan media kepada masyarakat untuk tradisi grebeg suro. 

Hal itu diterima dan diapresiasi oleh masyarakat sebab akan menjadikan Grebeg Suro sebagai kesenian khas Ponorogo.

Pelaksanaan Grebeg Suro dimulai dari prosesi penyerahan pusaka ke makam bupati pertama Ponorogo. Setelah itu disusul pawai ratusan orang yang menunggang bendi dan kuda yang sudah dirias menuju pusat kota. Saat di alun-alun kota dimulai Festival Nasional Reog Ponorogo.

Pada tanggal 1 Suro akan diadakan Larungan Risalah Doa di Telaga Ngebel. Acara Grebeg Suro ini menanamkan nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung. 

Nilai-nilai yang diangkat di acara Grebeg Suro itu di antaranya nilai simbolik, nilai tanggung jawab, nilai keindahan, nilai moral, nilai hiburan, nilai budaya, nilai sosial, nilai ekonomi, nilai apresiasi, dan nilai religius.

Editor : Oktiani Endarwati

Follow Berita Celebrities di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek