Pilihan

Menlu AS Antony Blinken Akan Hadiri Pertemuan ASEAN di Jakarta By BeritaSatu

 

Menlu AS Antony Blinken Akan Hadiri Pertemuan ASEAN di Jakarta

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Antony Blinken
Antony Blinken

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken akan menghadiri pertemuan ASEAN yang akan diketuai oleh Indonesia minggu ini.

Para diplomat senior negara-negara ASEAN dan mitra dialognya akan berkumpul di Jakarta pada 11-14 Juli 2023 untuk pertemuan tingkat menlu. Blinken merupakan salah satu menlu yang diundang dan diperkirakan akan membahas hubungan ASEAN dengan AS.

“Menlu dari negara-negara seperti AS, Kanada, Rusia akan bergabung di pertemuan ASEAN (minggu ini, red),” ucap Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto Suryodipuro di Kemenlu kepada wartawan di Jakarta, Senin malam (10/7/2023), sebagaimana dikutip dari Jakarta Globe.

Menurut Sidharto, negara lainnya seperti Tiongkok, Selandia Baru, serta Jepang juga akan mengirimkan menlunya untuk bergabung di pertemuan ASEAN ini. Namun, Pakistan, Korea Utara, dan Papua Nugini akan diwakilkan oleh pejabat setingkat di bawah menlu.

Sebelumnya, Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller juga membahas mengenai kunjungan Blinken ke Jakarta. Blinken akan bergabung di pertemuan tahunan US-ASEAN Foreign Ministers’ Meeting, East Asia Summit Foreign Ministers’ Meeting, and ASEAN Regional Forum.

“Di setiap pertemuan tersebut, menlu akan menegaskan komitmen AS terhadap sentralitas ASEAN serta dukungannya terhadap kemitraan ASEAN-US Comprehensive Strategic Partnership. Ia akan turut membahas kerja sama ekonomi, upaya dunia melawan perubahan iklim, krisis yang tengah berlangsung di Burma, situasi di Laut Cina Selatan, serta perang Rusia-Ukraina,” ucap Miller pada Jumat (7/7/2023), sebagaimana dilansir dari situs resmi Departemen Luar Negeri AS.

“Menlu (Blinken, red) juga akan ikut serta di US-Indonesia Strategic Dialogue kedua bersama Menlu Indonesia Retno Marsudi,” imbuh Miller.

Pemerintah AS mengatakan perdagangan barang dan jasa AS dengan ASEAN mencapai US$ 362,2 miliar pada 2020. AS mencatat defisit sebesar $138,4 miliar dengan ASEAN di tahun tersebut. Sementara itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melaporkan perdagangan bilateral Indonesia-AS senilai $39,8 miliar pada tahun lalu. Indonesia mencatatkan surplus sebesar $16,6 miliar dengan AS.

Sebagai informasi, pertemuan ASEAN minggu ini juga akan membahas traktat anti-nuklir Southeast Asia Nuclear Weapon-Free Zone (SEANWFZ). Diketahui, ASEAN tengah membujuk lima negara yang memiliki senjata nuklir yakni AS, Inggris, Tiongkok, Prancis, dan Rusia untuk sepakat pada protokol traktat tersebut. Sementara itu, AS telah membentuk perjanjian pertahanan dengan Inggris dan Australia yang bernama AUKUS. Sebagai bagian dari perjanjian AUKUS, AS dan Inggris akan membantu Australia mendapatkan kapal selam nuklir.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek