Pilihan

Polda NTT Temukan Bunker Berisi 2,5 Ton Bahan Bom dan Detonator By BeritaSatu

 

Polda NTT Temukan Bunker Berisi 2,5 Ton Bahan Bom dan Detonator

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Tim Direktorat Polairud Polda NTT berhasil membongkar bahan 2,5 ton baku bom ikan serta 11 detonator yang disembunyikan di dalam bunker di Desa Gunung Sari, Kecamatan Alok, Pulau Pemana, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Senin, 3 Juli 2023.
Tim Direktorat Polairud Polda NTT berhasil membongkar bahan 2,5 ton baku bom ikan serta 11 detonator yang disembunyikan di dalam bunker di Desa Gunung Sari, Kecamatan Alok, Pulau Pemana, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Senin, 3 Juli 2023.

Kupang, Beritasatu.com - Tim Direktorat Polairud Polda NTT berhasil membongkar bahan baku bom ikan terdiri dari 101 karung pupuk seberat 2,5 ton serta 11 detonator yang disembunyikan di dalam bunker.

Bahan baku bom ikan tersebut adalah pupuk yang ditemukan dalam kondisi tanpa merek di sebuah bunker atau ruang bawah tanah di Desa Gunung Sari, Kecamatan Alok, Pulau Pemana, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

“Lubang bunker yang di bangun sejak tahun 2011 tersebut diduga dijadikan tempat menimbun pupuk sudah sejak lamam,” kata Dirpolairud Polda NTT, Kombespol Nyoman Budiarja di Mapolda NTT, Senin (3/7/2023).

Pupuk tersebut diduga akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan bom ikan. Pengeboman kerap digunakan nelayan untuk menangkap ikan secara ilegal di wilayah NTT.

Tersangka AA mengaku, ia mengumpulkan pupuk dari sejumlah lokasi. Selain didapat dari Sulawesi Selatan, Pulau Sape di Nusa Tenggara Barat , Pulau Palue, Pulau Sukun, hingga Flores Timur.

Bahan-bahan ini diperjualbelikan di selat Giribata, Nusa Tenggara Barat.

Tersangka membeli bahan pupuk ini dengan harga Rp 2,3 juta per karung dan dijual kembali seharga Rp 2,5 juta. Namun polisi tidak percaya begitu saja dengan keterangan tersangka.

Barang bukti saat ini diamankan di Pos Pol Air Maumere.

Kombespol Nyoman Budiarja mengatakan, pihaknya berhasil menemukan bunker dan mengamankan 101 Karung Pupuk atau kurang lebih 2.5 ton di Kabupaten Sikka, tepatnya di Pulau Pemana.

“Kami berhasil mengungkap bunker bawah tanah di pulau Pemana Kabupaten Sikka, dengan barang bukti 2,5 ton pupuk tanpa izin, dan saat ini Pelaku AA dan semua barang bukti sudah diamankan untuk dilakukan proses penyidikan oleh penyidik Ditpolairud Polda NTT," jelasnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek