Pilihan

Presiden Lukashenko Pastikan Senjata Nuklir Taktis Rusia di Belarusia Tidak Akan Digunakan - inews

 

Presiden Lukashenko Pastikan Senjata Nuklir Taktis Rusia di Belarusia Tidak Akan Digunakan

inews.id
June 30, 2023
Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko memastikan senjata nuklir taktis Rusia yang dikerahkan di negaranya tidak akan pernah digunakan.
Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko memastikan senjata nuklir taktis Rusia yang dikerahkan di negaranya tidak akan pernah digunakan.

MINSK, iNews.id - Presiden BelarusiaAlexander Lukashenko memastikan senjata nuklir taktis Rusia yang dikerahkan di negaranya tidak akan pernah digunakan.

"Saya yakin kita tidak akan pernah menggunakannya selama mereka ada di sini. Dan tidak ada musuh yang akan menginjakkan kaki di tanah kita," katanya. pada pidato hari Jumat (30/6/2023).

Dia menjelaskan, penempatan senjata nuklir taktis Rusia di Belarusia merupakan sebuah inisiatif darinya yang keras.

“Saat bergerak, kami menjadi semakin yakin bahwa senjata itu harus ditempatkan di sini, di Belarusia, di tempat yang dapat diandalkan,” katanya.

Lukashenko dan Presiden Rusia, Vladimir Putin telah mengakui beberapa senjata taktis telah tiba di Belarusia. Sisanya akan dipasang pada akhir tahun.

Sama seperti Rusia, Lukashenko telah berulang kali menuduh negara-negara Barat berusaha menghancurkan negaranya. Maka dari itu, penyebaran nuklir diperlukan untuk mencegah agresor potensial.

Di hari yang sama, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov mengatakan pengerahan semacam itu itu tidak melanggar Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir tahun 1968. Itu karena Rusia mempertahankan kendali atas senjata tersebut.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek