Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Update Dampak Gempa: 35 Bangunan Rusak, 1 Orang Meninggal-6 Luka di Bantul - detik

 

Update Dampak Gempa: 35 Bangunan Rusak, 1 Orang Meninggal-6 Luka di Bantul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Sabtu, 01 Jul 2023 07:49 WIB
Genting rontok di SMPN 1 Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah, usai gempa yang berpusat di perairan barat daya Bantul, Jumat (30/6/2023) malam.
Genting rontok di SMPN 1 Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah, usai gempa yang berpusat di perairan barat daya Bantul, Jumat (30/6/2023) malam. (Foto: Istimewa)
Bantul -

Gempa berkekuatan magnitude (M) 6,4 yang berpusat di perairan barat daya Kabupaten Bantul berdampak pada rusaknya puluhan bangunan di Bumi Projotamansari. Selain itu, BPBD Bantul mencatat 6 orang mengalami luka ringan dan satu orang meninggal dunia akibat kaget hingga terkena serangan jantung.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul Agus Yuli Herwanta mengatakan hingga pukul 23.45 WIB, gempa bumi tersebut menyebabkan dampak kerusakan bangunan di 12 Kapanewon yang ada di Kabupaten Bantul. Menurutnya, 12 Kapanewon itu meliputi Bambanglipuro, Dlingo, Imogiri, Jetis, Kasihan, Kretek, Pajangan, Pandak, Piyungan, Pleret, Pundong dan Sanden.

"Total dampak sementara 35 lokasi, dengan rincian Kapanewon Bambanglipuro 1 lokasi, Dlingo 2 Lokasi, Imogiri 3 lokasi, Jetis 1 lokasi, Kasihan 2 lokasi, Kretek 5 lokasi, Pajangan 1 lokasi, Pandak 1 lokasi, Piyungan 1 lokasi, Pleret 1 lokasi, Pundong 3 lokasi dan Sanden 14 lokasi," katanya kepada wartawan, Sabtu (1/7/2023).

Selain itu, gempa bumi malam tadi juga menimbulkan korban, baik luka-luka hingga meninggal dunia. Akan tetapi, penyebab korban meninggal dunia karena kaget sehingga memicu serangan jantung.

"Gempa bumi juga menyebabkan jatuhnya korban jiwa sebanyak 7 orang. Rinciannya, satu meninggal dunia disebabkan oleh serangan jantung saat terjadinya gempa bumi dan 6 orang lainnya mengalami luka ringan," ucapnya.

Baca juga:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek