Respons Hoaks, Kapuspen Pastikan Panglima TNI Tak Pernah Sampaikan Statement terkait Al Zaytun - inews

 

Respons Hoaks, Kapuspen Pastikan Panglima TNI Tak Pernah Sampaikan Statement terkait Al Zaytun

inews.id
July 19, 2023
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

JAKARTA, iNews.id - TNI kembali diterpa berita bohong atau hoaks. Sebuah akun TikTok menggungah video yang menunjukkan potongan foto Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Unggahan itu diberi judul "Dengan tegas Panglima TNI minta Panji Gumilang segera dihukum mati terbukti sudah mengancam keutuhan NKRI".

Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono menyatakan narasi yang disampaikan di media sosial tersebut tidak benar atau hoaks.

“Dia (pembuat video) mengomentari Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono. Seharusnya pangkatnya bintang empat menggunakan garis pinggir warna merah dan logo satuan di lengan kiri menggunakan Mabes TNI segilima berwarna merah. Namun, bukan seperti yang terlihat di video menggunakan logo Angkatan Laut," kata Kapuspen.

"Kemungkinan foto tersebut adalah foto Laksamana TNI Yudo Margono saat menjabat Kepala Staf Angkatan Laut,” tambahnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan, video tersebut diunggah akun Snack Video @yusufcreator204 dengan link http://sck.io/p/jm3Vf070, kemudian diviralkan di TikTok dengan user24967486344.

"Ini merupakan tindakan dari oknum yang sengaja ingin menyudutkan kredibilitas TNI. Ini ada unsur pidananya,” ujar Laksda Julius.

Kapuspen meminta masyarakat lebih bijak menyikapi konten atau tayangan di media sosial. Dia mengimbau masyarakat tak mudah percaya, kemudian memastikan kebenaran sebuah berita atau konten tersebut kepada pihak yang berkompeten.

“TNI berharap dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu berkarya hal-hal positif yang bersifat membangun dan edukasi,” ujar Julius.

“Lebih khusus kepada pemilik akun Snack Video dengan ID yusufcreator204 untuk berhenti membuat kreasi-kreasi yang tidak didukung dengan data yang benar dan meminta sesegera mungkin membuat video klarifikasi bahwa video yang telah dia viralkan sebelumnya tidak benar,” imbuhnya.

Pimpinan Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang kini memang tengah ramai menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Ponpes Al Zaytun dinilai menerapkan ajaran yang menyimpang dari agama Islam. Al-Zaytun juga dikabarkan memiliki sebuah bunker.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar