Ribuan Warga Pulau Kangean Sumenep Kirab Bendera Sepanjang 78 Meter By BeritaSatu

 

Ribuan Warga Pulau Kangean Sumenep Kirab Bendera Sepanjang 78 Meter

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Ribuan warga Desa Torjek, Pulau Kangean, Sumenep, Jawa Timur mengarak bendera merah putih sepanjang 78 meter keliling desa pada Minggu, 16 Juli 2023.
Ribuan warga Desa Torjek, Pulau Kangean, Sumenep, Jawa Timur mengarak bendera merah putih sepanjang 78 meter keliling desa pada Minggu, 16 Juli 2023.

Sumenep, Beritasatu.com - Ribuan warga Desa Torjek, Pulau Kangean, Sumenep, Jawa Timur mengarak bendera merah putih sepanjang 78 meter keliling desa pada Minggu (16/7/2023). Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati HUT Bhayangkara dan HUT ke-78 RI.

"Ini sebagai wujud sinergitas Korps Bhayangkara dengan warga. Walaupun warga tinggal di pulau terluar, tetapi kecintaan kepada institusi Polri dan bendera merah putih sangatlah besar," terang Kapolsek Kangayan Iptu Miftahol Arifin, Minggu (16/7/2023).

Mendatangkan kain bendera sepanjang 78 meter dengan warna merah dan putih, menurut Miftahol, bukan perkara mudah. Sebab tidak ada satu tokopun di Pulau Kangean yang menjual kain sepanjang ini. Polisi dan warga harus membelinya di daratan Sumenep.

"Proses menjahitnya memakan waktu tiga hari. Dijahit siang malam di rumah warga. Kalau bahannya kainnya dijemput dari Kota Sumenep, 9 jam perjalanan laut," imbuh Miftahol.

Salah seorang warga, Hidayaturrahman mengaku senang serta bangga dengan kegiatan ini. Menurutnya, belum pernah berlangsung di Pulau Sumenep manapun, aksi mengarak bendera merah putih sepanjang 78 meter.

"Sangat meriah acaranya. Semuanya turun jalan. Bapak ibu, anak-anak semuanya memegang kain bendera dan jalan ke lapangan. Bangga kami di Pulau Kangean bisa melakukannya," kata Hidayaturrahman yang juga sebagai ketua Pemuda Torjek Kangean.

Dalam pelaksanaannya, arak-arakan bendera sepanjang 78 meter ini dimulai dari Dusun Ponduk Kelor dan berjalan sejauh 7 kilometer ke Lapangan Dusun Aeng Lombi. Ribuan warga terlibat dalam kegiatan ini.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar