Setelah 12 Tahun Dibangun, Tol Cisumdawu Akhirnya Diresmikan Jokowi By BeritaSatu

 

Setelah 12 Tahun Dibangun, Tol Cisumdawu Akhirnya Diresmikan Jokowi

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Jalan berkabut menjadi kondisi yang harus diwaspadai bagi pemudik yang melintasi Tol Cisumdawu dari Cileunyi Bandung Hingga Tol Cipali Kabupaten Majalengka Jawa Barat.
Jalan berkabut menjadi kondisi yang harus diwaspadai bagi pemudik yang melintasi Tol Cisumdawu dari Cileunyi Bandung Hingga Tol Cipali Kabupaten Majalengka Jawa Barat.

Sumedang, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dalam kunjungan ke Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengungkapkan harapannya agar tol yang menelan investasi Rp 18,3 triliun itu dapat mendukung perkembangan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa seharusnya BIJB Kertajati dan Tol Cisumdawu selesai secara bersamaan. Namun, masalah pembebasan lahan di Cisumdawu menyebabkan penundaan dan tidak dapat mendukung operasional Kertajati yang dibuka sebagian pada Mei 2023 lalu. Total, pembangunan tol ini memakan waktu 12 tahun.

Setelah meninjau fasilitas BIJB Kertajati, Presiden kemudian meresmikan Jalan Tol Cisumdawu di ruas Km 169 yang berada di Kabupaten Sumedang. Beliau berharap bahwa dengan beroperasinya penuh Tol Cisumdawu, waktu tempuh dari Bandung ke BIJB Kertajati dapat dipangkas menjadi sekitar 1 jam saja.

"Setelah selesai ini, saya yakin bandara ini akan jadi bandara masa depan dengan traffic yang sangat padat," ujar Jokowi.

BACA JUGA

Pemerintah juga berupaya mengembangkan BIJB Kertajati melalui pengalihan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara Bandung. Diharapkan pada bulan Oktober, pesawat jet sudah dapat beroperasi di bandara tersebut.

Selain itu, investor asing yang tertarik untuk mengelola BIJB Kertajati diharapkan dapat menyelesaikan proses yang diperlukan sebelum bulan Oktober. Keberadaan pengelolaan investor asing ini diharapkan dapat meningkatkan lalu lintas penerbangan di BIJB Kertajati.

Presiden menyebut bahwa saat ini BIJB Kertajati sudah digunakan sebagai bandara embarkasi haji yang melayani ribuan jamaah haji dari tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat. Selain itu, bandara ini juga melayani penerbangan umrah dan internasional.

Bandara Kertajati merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas terminal penumpang mencapai 5,6 juta penumpang per tahun.

Sementara itu, Tol Cisumdawu memiliki panjang 61,75 km dan akan menjadi akses utama menuju BIJB Kertajati di Majalengka. Pembangunan tol menelan biaya Rp 18,3 triliun yang terdiri dari Rp 9,7 triliun dari APBN dan hasil Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dari pihak swasta.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar