Pilihan

Sukses Turunkan Angka Stunting, Ganjar Pranowo Raih Satyalencana Wira Karya By BeritaSatu

 

Sukses Turunkan Angka Stunting, Ganjar Pranowo Raih Satyalencana Wira Karya

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Wapres Ma
Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan penghargaan Satyalancana Wira Karya kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terkait penurunan stunting pada Peringatan Harganas di Banyuasin, Sumatra Selatan, Kamis 6 Juli 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapatkan penghargaan Satyalencana Wira Karya sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam upaya menurunkan angka stunting di Jateng.

Penghargaan Satyalancana Wira Karya diberikan oleh Wapres Ma’ruf Amin pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 di Tanjung Balai Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumsel, Kamis (6/7/2023).

Dikutip dari Antara, selain Ganjar, penghargaan juga diberikan kepada Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Penghargaan diberikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2023.

Ganjar Pranowo mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja sama yang baik dari timnya yang telah berhasil menurunkan angka stunting secara signifikan.

Dalam empat tahun terakhir, Ganjar telah mencapai kesuksesan dalam mengurangi kasus stunting di Jateng.

Menurut data Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (ePPGBM), angka stunting di Jawa Tengah pada 2018 sebesar 24,4 persen dan turun menjadi 18,3 persen pada tahun 2019. Kemudian pada 2020, angka tersebut turun menjadi 14,5 persen, pada 2021 menjadi 12,8 persen, dan pada 2022 mencapai 11,9 persen.

Keberhasilan Ganjar dalam mengatasi stunting tidak terlepas dari berbagai program yang telah digagasnya, seperti Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng), Jo Kawin Bocah, dan One Student One Client. Program terbarunya adalah peluncuran beras fortifikasi sebagai sumber gizi tambahan bagi ibu hamil.

Ganjar menjelaskan bahwa program-program tersebut memberikan perhatian khusus pada ibu hamil dengan memastikan pemeriksaan secara teratur sejak awal kehamilan, memberikan asupan gizi yang baik, dan mengontrolnya secara terus-menerus. Selain itu, penting juga melibatkan peran suami. Setelah kelahiran, pemberian ASI eksklusif juga menjadi perhatian yang perlu diawasi.

Ganjar optimistis bahwa kasus stunting di Jawa Tengah akan terus menurun hingga mencapai target yang ditetapkan.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek