Tangani Kerusakan Rumah akibat Gempa, Sultan: Pakai Dana Darurat di Setiap Kabupaten - inews

 

Tangani Kerusakan Rumah akibat Gempa, Sultan: Pakai Dana Darurat di Setiap Kabupaten

yogya.inews.id
July 1, 2023
Gubernur DIY Sri Sultan didampingi.Bupati Gunungkidul tinjau TBG.
Gubernur DIY Sri Sultan didampingi.Bupati Gunungkidul tinjau TBG.

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Ratusan rumah mengalami kerusakan akibat guncangan gempa bumi Magnitudo 6,0 yang berpusat di Bantul, Jumat (1/7/2023) malam. Penanganan kerusakan ini akan menggunakan dana darurat yang dimiliki oleh masing-masing kabupaten/kota.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, sudah ada upaya asesmen termasuk rehabilitasi terkait kerusakan yang muncul akibat gempa. Upaya rehabilitasi sudah dilakukan terutama untuk bangunan yang rusak ringan.

"Rehabilitasi kan sudah digunakan. Ya genteng melorot dikembalikan seperti semula," kata Sultan saat meninjau Taman Budaya Gunungkidul, Sabtu (1/7/2023).

Kendati demikian, pihaknya masih menunggu asesmen menyeluruh dilakukan sehingga diketahui tingkat kerusakannya sejauh mana. Namun untuk dana darurat bencana semua kabupaten kota sudah memiliki.

"Jika nanti kurang malah provinsi dapat menambahnya," tutur Sultan.

Sultan mengungkapkan kerusakan terjadi di semua kabupaten/kota di DIY namun hanya sedang dan ringan. Salah satu kewenangan di Provinsi di SMA 7 Yogyakarta di mana bentengnya miring serta kantor Samsat juga mengalami kerusakan tetapi relatif ringan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Sementara untuk rumah warga yang rusak cukup parah di Semanu, sudah ada asesmen. Tidak hanya material karena aspek sosial juga sudah dilakukan oleh Dinas Sosial setempat.

"Saat ini sudah ada asesmen ke sana karena aspek sosial sama Dinas Sosial juga ada karena sudah terjun ke sana semua sama temen-temen belum Gunungkidul kan sudah kita mulai," tuturnya.

Sultan berharap agar identifikasinya cepat diselesaikan sehingga kalau memang perlu rehabilitasi maka bisa cepat dilakukan. Namun Sultan menegaskan bencana gempa bumi kali ini tidak seperti 2006 yang lalu di mana ada yang tidak bisa tinggal di rumahnya sehingga perlu dapur umum dan sebagainya.

"Mungkin masyarakat bergotong-royong memperbaiki,” kata Sultan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Baca Juga

Komentar