Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Tembok Rumah Retak karena Gempa Bantul, Warga Gunungkidul Pilih Tinggal di Tenda By BeritaSatu

 

Tembok Rumah Retak karena Gempa Bantul, Warga Gunungkidul Pilih Tinggal di Tenda

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Warga Dusun Kuwon Tengah, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta, mendirikan tenda karena rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa Bantul, Jumat 30 Juni 2023.
Warga Dusun Kuwon Tengah, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta, mendirikan tenda karena rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa Bantul, Jumat 30 Juni 2023.

Yogyakarta, Beritasatu.com - Gempa bermagnitudo 6,4 di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, menyebabkan kerusakan sejumlah rumah di Dusun Kuwon Tengah, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Akibatnya, warga setempat memilih tinggal di tenda takut terjadi gempa susulan.

Beberapa tembok rumah warga di Semanu, Gunungkidul mengalami kerusakan parah akibat guncangan yang kuat selama gempa berlangsung.

Dampak gempa dirasakan oleh warga dengan beberapa rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Salah satunya adalah rumah milik Anang Subardi yang mengalami kerusakan.

"Di Pacarejo, berdasarkan data ada 25 rumah yang terdampak, dengan tingkat kerusakan dari ringan sampai berat di 6 padukuhan," ujar Anang Subardi, warga Dusun Kuwon Tengah kepada Beritasatu.com (1/7/2023).

Anang mengungkapkan, saat kejadian, dia sedang tengah mengaji ketika tiba-tiba merasakan guncangan gempa yang kuat.

Dia pun keluar dari rumahnya. Setelah menyelamatkan diri, Anang merasa takut untuk kembali ke rumahnya yang mengalami kerusakan dan rentan ambruk karena sejumlah tembok jebol dan berlubang akibat gempa.

"Di dalam rumah banyak retakan pada tembok, cukup parah. Jika ditempati, agak berisiko, sehingga kami memutuskan untuk mendirikan tenda," kata Anang Subardi.

Anang nantinya memilih untuk mengungsi ke tempat saudaranya karena khawatir akan terjadi gempa susulan yang dapat menyebabkan keruntuhan rumahnya.

Dia berharap dapat menerima bantuan dari pemerintah untuk meringankan beban yang dialaminya akibat gempa.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek