Pilihan

Tiba di Debarkasi Surabaya, Jemaah Haji Asal NTT Bergaya Ala Ratu dan Sultan By BeritaSatu

 

Tiba di Debarkasi Surabaya, Jemaah Haji Asal NTT Bergaya Ala Ratu dan Sultan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 17, 2023
Hendak pulang ke kampung halaman dari tanah suci, jemaah haji asal NTT berdandan ala ratu atau sultan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.
Hendak pulang ke kampung halaman dari tanah suci, jemaah haji asal NTT berdandan ala ratu atau sultan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Surabaya, Beritasatu.com - Penampilan ratusan jemaah haji asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 60 dan 61 tampak berbeda dengan jemaah lainnya saat tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya.

Mereka menggunakan pakaian ala ratu dan sultan. Para jemaah haji perempuan mengenakan pernak-pernik yang melekat di atas hijab dan pakaian. Tak hanya itu, gelang emas melekat di pergelangan tangan mereka. Sedangkan para jemaah haji pria menggunakan pakaian ala sultan Arab.

Murni, salah seorang jemaah haji asal NTT, mengatakan, pakaian nyentrik ala ratu ini merupakan tradisi di kampung halamannya ketika ada hajatan, seperti resepsi pernikahan dan berhaji.

"Kebetulan ini mau pulang ke rumah (NTT). Jadi kami langsung gunakan pakaian seperti ini," kata Murni, jemaah kloter 60, Sabtu (28/7/2023).

Dikatakan, jemaah yang berpenampilan nyentrik ini sebagian besar berasal dari suku Bugis yang menetap di NTT.

"Memang ciri khas dan adat ketika ada acara seperti ini," terangnya.

Ia mengaku sudah menyiapkan pakaian dan hiasan tersebut sebelum berangkat haji. Seluruh perlengkapan pakaian ala ratu ini dibawa hingga ke tanah suci dengan dimasukan ke dalam koper.

"Ada yang beli, ada yang buat sendiri. Kalau saya ini buat sendiri (jahit) seperti kerudung yang dihiasi dengan pernak-pernik keemasan ini," tutur Murni.

Murni dan ratusan jemaah haji asal NTT tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya. Mereka menginap di asrama haji sembari membeli buah tangan untuk sajian dan dibagikan ke sanak keluarga dan kerabat.

Hal itu menjadi kebiasaan dari tahun ke tahun jemaah haji asal luar Jawa Timur untuk membeli buah tangan di Surabaya karena lengkap dan murah.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek