Pilihan

Trauma Gempa Yogya, Pasien RSUD Darsono Pacitan Bertahan di Teras IGD By BeritaSatu

 

Trauma Gempa Yogya, Pasien RSUD Darsono Pacitan Bertahan di Teras IGD

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Pasien RSUD dr Darsono Pacitan memilih bertahan di teras IGD karena trauma dengan gempa berkekuatan M 6,4 yang mengguncang Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Pasien RSUD dr Darsono Pacitan memilih bertahan di teras IGD karena trauma dengan gempa berkekuatan M 6,4 yang mengguncang Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pacitan, Beritasatu.com – Gempa Yogya berkekuatan M 6,4 yang terjadi pada Jumat (30/6/2023) malam sempat membuat sejumlah pasien RSUD dr Darsono, Pacitan panik. Kini sejumlah pasien di ruang instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Darsono memilih bertahan di teras IGD rumah sakit itu karena trauma.

Selain khawatir terjadi gempa susulan, sejumlah pasien memilih bertahan di teras RSUD Darsono karena takut jika ada bangunan yang roboh ataupun kejatuhan plafon yang jebol akibat gempa. Beberapa struktur bangunan yang nampak retak juga membuat sejumlah pasien enggan untuk kembali kedalam ruangan perawatan.

Selain sejumlah pasien trauma dan bertahan di teras, beberapa lainnya juga miminta izin untuk pindah kamar yang dirasa jauh lebih aman. Bahkan, salah satu pasien yang sedang menjalani perawatan memaksa untuk pulang dan melanjutkan perawatan di rumah sakit setelah keadaan kembali tenang.

“Takut, karena juga sudah tua, gempa itu goyang-goyang, jadi takut. Ini tadi keluarnya juga digotong anak-anak saya, sementara tidak berani masuk, minta pulang saja, besok Senin ke sini lagi,” kata salah satu pasien, Tukiran.

Kabag TU RSDU dr Darsono Pacitan, dr Johan Tri Putranto, menuturkan gempa Yogya membuat sejumlah keretakan di sebagian ruangan. Selain itu, sebagian plafon juga terlihat jebol akibat gempa.

Melihat hal tersebut sejumlah pegawai rumah sakit berusaha menjelaskan dan mengedukasi pasien jika struktur rumah sakit saat ini dinilai aman dan masih layak untuk tempat perawatan.

“Hal ini setelah kita berkomunikasi dan berkonsultasi dengan Dinas PUPR serta BPBD terkait dengan kondisi bangunan RSUD, untuk keamanan gedung, baik itu di perawatan, maupun gedung lain masih cukup aman dan harapannya pelayanan tidak terganggu, untuk kerusakan juga akan diasesmen ulang,” tutur Johan.

Diberitakan, sejumlah pasien RSUD dr Darsono Pacitan berhamburan keluar ruangan setelah terjadi gempa Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain berhamburan, ratusan pasien juga nampak panik karena sejumlah bangunan dinding dan plafon ruang perawatan pasien nambah retak dan jebol.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek