4 Pesawatnya Rusak karena Serangan Drone, Rusia Sebut Ukraina Teroris! By Tim detikcom

 

4 Pesawatnya Rusak karena Serangan Drone, Rusia Sebut Ukraina Teroris!

By Tim
detikcom
pesawat angkut Rusia
pesawat angkut Rusia
Jakarta -

Rentetan serangan drone Ukraina yang menghantam wilayah Rusia, termasuk di pangkalan udara Moskow yang terletak dekat perbatasan Estonia, telah merusak empat pesawat militer Rusia. Pemerintah Rusia bereaksi keras atas rentetan serangan pada Rabu (30/8) dini hari waktu setempat itu.

Dilansir kantor berita Reuters, Kamis (31/8/2023), juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa serangan-serangan Ukraina terhadap "fasilitas sipil yang damai" di wilayah Rusia tidak akan luput dari hukuman. Dia menambahkan bahwa serangan-serangan tersebut "mengkonfirmasi sifat teroris dari rezim Kyiv."

Zakharova juga mengatakan bahwa drone Ukraina tidak akan mampu terbang sejauh ini tanpa bantuan dari "satelit Barat."

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan para ahli militer Rusia sedang menyelidiki rute peluncuran drone tersebut "untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah serangan serupa lebih lanjut."

Dia juga mengatakan sebagian besar drone tersebut ditargetkan pada infrastruktur sipil dan bersumpah bahwa Rusia akan melanjutkan "operasi militer khusus" di Ukraina untuk "memberantas ancaman semacam itu."

Sebelumnya pada Rabu (30/8), kantor berita Rusia, TASS yang mengutip layanan darurat, mengatakan bahwa empat pesawat angkut jenis Il-76, yang sejak lama digunakan militer Rusia, rusak di sebuah lapangan terbang militer di wilayah Pskov, yang terletak sekitar 660 km (beberapa 611 mil) di utara perbatasan Ukraina. Disebutkan bahwa dua pesawat di antaranya 'terbakar'.

Pskov berlokasi dekat dengan wilayah Estonia dan Latvia. Pskov diketahui hanya berjarak sekitar 32 kilometer saja di sebelah timur perbatasan Estonia.

Ukraina telah meningkatkan serangan ke wilayah Rusia dalam beberapa bulan terakhir, dengan seringkali serangan-serangan drone itu mengenai target jauh di dalam wilayah Rusia. Serangan drone semacam itu dimaksudkan untuk mendukung serangan darat yang menghadapi perlawanan keras di area selatan dan timur Ukraina.

Baca Juga

Komentar