Pilihan

4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin - Sindo news

 

4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 00:28 WIB
4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin
Wagner akan memiliki tampilan dan manajemen baru. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Tidak seperti sekutu Vladimir Putin lainnya yang lebih memilih untuk tidak menonjolkan diri, Yevgeny Prigozhin adalah seorang yang cerewet.

Selama berbulan-bulan sebelum pemberontakan, dia mengecam para petinggi Rusia.

Dan setelah itu, ribuan pejuang utama Wagner pindah ke kamp yang dibangun dengan tergesa-gesa di hutan Belarusia.



Beberapa di antaranya terlihat di dekat Celah Suwalki dekat perbatasan Polandia-Lithuania yang memisahkan Belarus dari Kaliningrad, eksklave Baltik Rusia.

Mengenai kematian Prigozhin memang sudah diprediksi banyak pihak setelah dia melakukan kudeta. Kepala CIA William Burns meramalkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan meluangkan waktu untuk membalas dendam.

“Apa yang kami lihat adalah sebuah tarian yang sangat rumit,” kata Burns di Forum Keamanan Aspen pada bulan Juli. “Putin adalah orang yang paling bertanggung jawab atas pembalasan.”

Meskipun detail mengenai apa yang sebenarnya terjadi masih belum jelas setelah kematian bos tentara bayaran tersebut dalam kecelakaan pesawat, yang jelas adalah bahwa Wagner – organisasi tentara bayaran yang dibangun Prigozhin – pada dasarnya telah dipotong-potong terlebih dahulu dan kemudian dipenggal secara dramatis.

Berikut adalah 4 skenario masa depan tentara bayaran Wagner.

1. Menampilkan Wagner dengan Wajah Baru

4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin

Foto/Reuters

"Jadi, Putin mungkin mengikuti contoh bos mafia sinematik Michael Corleone dengan membalas dendam dengan dingin," kata seorang aktivis oposisi Rusia, Sergey Bizyukin.

“Prigozhin direlokasi dari negara itu. Dalam waktu dua bulan, mereka mendistribusikan kembali asetnya, memeriksa semua rantai kontak, dan mengganti segala sesuatu di sistem yang memerlukan penggantian. Dan sekarang singkirkan saja [Prigozhin dan para letnan utamanya],” kata Sergey Bizyukin kepada Al Jazeera.

“Saya tidak tahu apakah [Prigozhin] mempunyai kesempatan untuk bertahan di Belarusia, tapi itu adalah satu-satunya kesempatan kecilnya” untuk bertahan hidup, kata Bizyukin.

2. Tetap Berperang di Ukraina dan Afrika

4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin

Foto/Reuters

Namun karena Wagner terbukti sangat efektif, maka senjata ini mungkin akan terus ada dan beroperasi di Ukraina dan di tempat lain – bahkan jika senjata ini tidak hanya “kering, tapi juga dipenggal”, menurut analis militer independen David Gendelman.

Kecelakaan pesawat itu kabarnya memusnahkan para petinggi Wagner.

Salah satu penumpang yang tewas adalah Valery Chkalov, sekutu utama Prigozhin yang bertanggung jawab atas logistik Wagner di Ukraina, Suriah, dan Afrika. Yang lainnya adalah letnan kunci Yevgeny Makaryan dan Sergey Propustin.

Namun sumber daya perusahaan, termasuk pesawat tempur yang telah teruji dalam pertempuran dan operasi yang berfungsi dengan lancar di Afrika, terlalu berharga bagi Kremlin untuk membiarkan Wagner dibubarkan, kata Gendelman.

3. Wagner Dikendalikan Penuh oleh Putin

4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin

Foto/Reuters

“Jadi, mereka kemungkinan besar akan terus beroperasi di bawah kendali baru yang berafiliasi dengan kepemimpinan Rusia. Dan, mungkin, pengendalian semacam itu telah dilakukan sebagai bagian dari persiapan untuk memenggal kepala organisasi tersebut,” katanya kepada Al Jazeera.

Namun pengaruh Wagner – dan Moskow – di Afrika mungkin akan berkurang karena meningkatnya pengaruh Tiongkok dan anggota inti lainnya dari blok BRICS yang kini sedang berkembang.

“Penguasaan Rusia di Afrika akan melemah terlepas dari siapa pemimpinnya” Wagner, kata analis yang berbasis di Kyiv, Aleksey Kushch, kepada Al Jazeera.

4. Tanpa Prigozhin, Wagner Bubar

4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin

Foto/Reuters

Menurut laporan baru-baru ini, ratusan pejuang Wagner yang diasingkan ke pangkalan di Belarusia mulai meninggalkan negara tersebut. Beberapa tidak puas dengan rendahnya tingkat gaji di negara tersebut, yang lain pindah untuk bekerja di Afrika barat. Pasukan di sana berkurang jumlahnya dari lebih dari 5.000 menjadi sekitar seperempatnya.

Di Rusia sendiri, operasi Wagner sempat terhenti selama dua bulan terakhir karena tampaknya Prigozhin dan sekutunya mencari peran baru di balik ketidaksenangan Putin.

Dan dengan keluarnya Wagner dari Ukraina setelah mengerahkan pesawat tempurnya sebagai umpan meriam dalam pertempuran di Bakhmut, mungkin pertanyaan terbesarnya adalah apakah serangan ini dapat dilanjutkan dalam bentuk apa pun di negara-negara Afrika tempat mereka aktif.

Meskipun nama-nama telah disebutkan secara spekulatif sebagai kemungkinan pengganti Prigozhin yang akan mendapat persetujuan Kremlin, masih belum pasti apakah ada di antara mereka yang mampu menggantikan Prigozhin.

Sebagian besar kerajaan Wagner di Afrika, yang menggabungkan operasi disinformasi, kepentingan komersial yang suram, dan pekerjaan tentara bayaran, bergantung pada koneksi tidak bermoral yang telah dibangun oleh Prigozhin dan rekan-rekan dekatnya selama bertahun-tahun. Misalnya, terdapat dugaan bahwa Wagner datang untuk membantu junta militer di Mali, sebuah langkah yang berkontribusi pada keputusan Prancis untuk mengakhiri operasi militer yang telah berlangsung selama hampir satu dekade di Mali.

Meskipun Kremlin baru-baru ini lebih dekat dengan para pemimpin militer di negara-negara Sahel, Prigozhin dengan tekun mengembangkan hubungan pribadi dengan para panglima perang, pemimpin kudeta militer, serta politisi dan pengusaha korup.

Seperti yang disarankan oleh mantan wakil marshal udara Sean Bell, yang sekarang menjadi analis militer, kepada Sky News pada bulan Juni setelah kudeta Wagner di Moskow, tanpa Prigozhin, Wagner bukanlah apa-apa.

“Jika kelompok Wagner adalah Yevgeny Prigozhin, maka sulit untuk melihat bagaimana mereka akan bertahan. Ini adalah akhir dari apa yang kita ketahui," kata Bell.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek