Apa Itu Anemia Aplastik? Penyakit yang Diderita Babe Cabita By BeritaSatu

 

Apa Itu Anemia Aplastik? Penyakit yang Diderita Babe Cabita

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
August 14, 2023
Anemia, salah satu penyakit yang penderitanya dominan perempuan.
Anemia, salah satu penyakit yang penderitanya dominan perempuan.

Jakarta, Beritasatu.com - Belakangan ini, Babe Cabita mengalami kejadian di mana ia harus dilarikan ke rumah sakit karena mengidap anemia aplastik.

Sebelum didiagnosa penyakit tersebut, Babe Cabita sempat diduga mengidap leukimia karena saat menjalani pemeriksaan di rumah sakit, ditemukan bahwa sel darah putih telah menyebar di beberapa bagian tubuh.

“Aku enggak ngerti, karena saat pemeriksaan, ada darah putih. Ini menyebar ke beberapa bagian tangan. Dia menduga, itu leukemia, tapi akan ada pemeriksaan lanjutan,” ungkap Babe Cabita dalam podcast YouTube Deddy Corbuzier, Selasa (28/8/2023).

Namun, apa itu sebenarnya anemia aplastik? Berikut penjelasannya.

Apa itu anemia aplastik?
Anemia aplastik merupakan kondisi kesehatan kurangnya produksi sel darah baru oleh sumsum tulang, yang dapat mengakibatkan kekurangan trombosit, leukosit, dan eritrosit dalam tubuh. Diketahui, anemia aplastik termasuk kondisi langka atau jarang ditemui kasusnya.

Penyakit anemia aplastik dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu inherited aplastic anemia dan acquired aplastic anemia. Inherited aplastic anemia adalah bentuk anemia aplastik yang disebabkan oleh faktor genetik atau diwariskan melalui gen tertentu. Hal ini berarti seseorang mewarisi kecenderungan genetik yang membuat sumsum tulangnya sulit untuk memproduksi jumlah sel darah yang cukup. Sementara itu, acquired aplastic anemia adalah jenis anemia aplastik yang terjadi selama hidup seseorang akibat faktor lain selain faktor genetik.

Penyebab anemia aplastik

Seperti yang sudah disebutkan bahwa terdapat dua jenis, yakni karena keturunan dan gangguan kesehatan. Berikut adalah penyebab anemia aplastik karena gangguan kesehatan semasa hidup.

1. Penyakit autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang berjalan tidak normal dapat menyerang dan merusak sumsum tulang dan mengganggu produksi sel darah.
2. Kontak dengan bahan kimia beracun, seperti pestisida, bahan kimia industri, atau radiasi tingkat tinggi yang dapat menghambat produksi sel-sel dalam sumsum tulang.
3. Terpapar virus, seperti virus Epstein-Barr dan virus hepatitis, dapat mempengaruhi sumsum tulang dan menyebabkan penurunan produksi sel darah.


4. Efek samping obat dapat memiliki efek samping yang dapat merusak sumsum tulang dan menyebabkan anemia aplastik.
5. Kondisi medis lainnya, seperti paru-paru besar, penyalahgunaan alkohol, dan beberapa infeksi kronis juga dapat menyebabkan anemia aplastik.

Jadi itu dia penjelasan tentang anemia aplastik, penyakit yang diderita Babe Cabita.

Baca Juga

Komentar