Belajar dari Panji Petualang! Selain Gula, Makan Buah dan Cemilan Juga Bisa Buat Seseorang Terkena Diabetes? - Suara

 

Belajar dari Panji Petualang! Selain Gula, Makan Buah dan Cemilan Juga Bisa Buat Seseorang Terkena Diabetes?

depok.suara.com
August 14, 2023
Perubahan drastis Panji Petualang
Perubahan drastis Panji Petualang

Depok.suara.com – Jarang terekpose, kondisi Panji Petualang terkini curi perhatian publik karena tubuh yang dulu berisi berubah drastis jadi kurus kering.

Pemilik nama lengkap Muhammad Panji ini dulunya dikenal sebagai sosok yang aktif berpetualang ke alam terbuka.

Bahkan pria yang berusia 34 tahun ini mempunyai hobi memelihara ular, salah satunya adalah King Kobra yang ia beri nama Garaga.

Kondisi Panji yang berubah drastis sontak curi perhatian salah satu pejabat publik Deddy Mulyadi.

Mantan Bupati Purwakarta itu lantas menemuinya untuk mencari tahu penyebab tubuh Panji menjadi kurus.

Usut punya usut, tersebar di media sosial, ternyata Panji menderita diabetes ditambah daya tubuhnya sudah mulai menurun sejak dipatuk King Kobra beberapa waktu yang lalu

Berbicara penyakit yang diidap oleh Panji, penting kiranya kita mengetahui apa itu diabetes dan apa saja makanan pemicu gula berlebih, berikut ulasan singkatnya:

Dilansir dari laman resmi siloamhospital.com, diabetes adalah salah satu kondisi medis berupa tingginya kadar gula dalam tubuh.

Secara umum, diabetes disebabkan karena pola makanan yang tidak sehat. Meski pada dasarnya semua jenis makanan dan minuman aman untuk dikonsumi, namun tetap harus diperhatikan porsinya.

Untuk itu penting untuk membatasi makanan yang dapat menyebabkan gula berlebihan, apa saja makanan pemicu gula berlebih, berikut diantaranya:

Makanan tinggi karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu kandungan yang penting bagi tubuh kita. Namun bila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak dibarengi dengan pola hidup yang sehat, kelebihan karbohidrat bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Makanan tinggi karbohidrat seperti nasi putih, donat, roti dan pasta cenderung cepat dicerna oleh tubuh sehingga meningkatkan kadar gula darah.

Untuk mensiasati makanan karbohidrat, bisa mengantinya dengan beralih ke umbi-umbian seperti ubi jalar, kentang, oatmeal dan nasi merah.

Camilan

Umumnya camilan terbuat dari bahn makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi serta gula yang mampu meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

Bila tujuan cemilan untuk mengganjal perut, maka bisa dialihkan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi seperti buah-buahan, kacanng-kacangan dan yougurt plain.

Buah kering

Buah kering merupakan jenis buah yang melalui proses pengeringan, dimana kandungan air dalam buah dihilangkan terlebih dahulu.

Buah kering memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar darah bila dikonsumsi secara berlebihan.

Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, daging kalengan dan nugget umumnya memiliki kandungan lemak trans yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kolesterol dan menyebabkan diabetes.

Kandungan natrium dalam daging olahan juga menjadi pantangan bagi penderita obesitas karena dapat menimbulkan resiko hipertensi.

Minuman berenergi

Minuman berenergi mengandung kafein dan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah.

Akibatnya menyebabkan resistensi hormon insulin. Dan bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dapat memicu diabetes.

Demikian mengenai makanan apa saja pemicu dibetes, salah satu penyakit yang diidap Panji Petualang, semoga informasi bermanfaat bagi kita semua.(*)

Baca Juga

Komentar