Pilihan

Cegah Kelumpuhan dengan Vaksin Polio - KENDARIPOS

BNPT: Aparat Harus Ungkap Jaringan Terduga Teroris Bekasi By BeritaSatu

 

BNPT: Aparat Harus Ungkap Jaringan Terduga Teroris Bekasi

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 31, 2023
Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme
Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Pol Ahmad Nurwakhid menyatakan, aparat penegak hukum harus mengungkap jaringan terduga teroris Bekasi yang baru saja ditangkap. Sebelumnya, tersangka berinisial DE ditangkap Densus 88 di Bekasi.

Nurwakhid menyatakan, terduga teroris di Bekasi ini memiliki keterkaitan dengan jaringan ISIS Indonesia dan memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai aspek, mulai dari menyebarkan konten teror di media sosial, melatih anggota, hingga memiliki persenjataan dan pendanaan untuk aktivitas terorisme.

"Tersangka teroris di Bekasi terafiliasi dengan jaringan ISIS Indonesia, memiliki peran yang komplet, seperti menyebarkan konten-konten teroris di media sosial,” kata Nurwakhid di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Pihak berwenang perlu melakukan pengembangan dan penelusuran lebih lanjut untuk mengungkap aktor-aktor lain yang terlibat.

Selain itu, DE juga menjadi bukti kuat bahwa akar terorisme berhubungan dengan ideologi yang bisa memengaruhi seseorang. Faktor-faktor seperti ekonomi dan politik mendukung ideologi tersebut.

Nurwakhid menegaskan, kasus seperti DE menunjukkan bahwa terorisme bukanlah tujuan akhir, tetapi merupakan alat untuk mencapai tujuan ideologis dalam perubahan sosial dan politik.

Penting untuk diingat bahwa pemikiran terorisme dapat memengaruhi siapa saja, tanpa memandang latar belakang.

“Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah infiltrasi kelompok teroris di lingkungan kerja, baik di sektor pemerintahan maupun swasta. Oleh karena itu, profiling dan penilaian awal terhadap pegawai menjadi kunci penting dalam mencegah hal ini,” katanya.

BNPT berkomitmen untuk terus mengembangkan metode deteksi dini dan penilaian yang dapat diterapkan di lingkungan kerja, guna mencegah infiltrasi aktor dan jaringan terorisme.

“Fokus tidak hanya pada keterampilan pekerjaan, tetapi juga pada pemahaman ideologi dan mental seseorang, terutama dalam penerimaan pegawai di posisi strategis,” katanya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek