Pilihan

Bos Wagner Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Rusia, Ini Kata Zelensky - deitk

 

Bos Wagner Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Rusia, Ini Kata Zelensky

By Novi Christiastuti
detikcom
August 25, 2023
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Oslo -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menanggapi kabar kematian bos tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin dalam kecelakaan pesawat di wilayah Rusia. Zelensky menyebut sosok Prigozhin bukanlah manusia karena telah memicu banyak kematian di banyak tempat, termasuk di Ukraina.

"Pemerintah Rusia, termasuk Prigozhin dan tentara bayarannya, telah menyebabkan begitu banyak kematian bagi kami sehingga sejujurnya saya tidak bisa mengatakan hal baik tentang makhluk bukan manusia ini," ucap Zelensky dalam pernyataannya, seperti dilansir CNN

Pernyataan itu disampaikan Zelensky saat menggelar konferensi pers bersama Perdana Menteri (PM) Norwegia Jonas Gahr Store di Kyiv pada Kamis (24/8).

Tentara bayaran Wagner, yang dipimpin oleh Prigozhin, terlibat pertempuran sengit melawan militer Ukraina sejak invasi dilancarkan Rusia lebih dari setahun lalu. Pertempuran paling lama antara tentara bayaran Wagner dan pasukan Ukraina terjadi di wilayah Bakhmut, yang memakan banyak korban jiwa.

"Entah itu pengadilan di Den Haag (merujuk pada Mahkamah Internasional) atau pengadilan Tuhan. Anda melihat bahwa Rusia memiliki alternatif (selain) Presiden Putin. Itu keputusannya. Tidak ada yang perlu dikomentari," ujar Zelensky dalam pernyataannya.

Pesawat pribadi yang diyakini membawa Prigozhin dilaporkan terjatuh di dekat desa Kuzhenkino, wilayah Tver, saat sedang mengudara dari Moskow ke Saint Petersburg pada Rabu (23/8) malam.

Terdapat 10 orang di dalam pesawat itu, yang terdiri atas tujuh penumpang dan tiga awak. Kementerian Urusan Darurat Rusia, dalam pernyataannya, menyebut tidak ada korban selamat dalam kecelakaan itu.

Simak Video 'Momen Evakuasi Pesawat Bos Wagner, Petugas Bawa 3 Kantong Mayat':

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek