Pilihan

BPBD Sebut Tak Ada Gua di Radius 2-4 Km dari Sumber Bunyi Misterius Sumenep - detik

 

BPBD Sebut Tak Ada Gua di Radius 2-4 Km dari Sumber Bunyi Misterius Sumenep

Denza Perdana - detikJatim
Minggu, 13 Agu 2023 18:07 WIB
Warga Desa Moncek Tengah menunjukkan sumber bunyi misterius seperti orang sedang menggali sumur.
Seorang warga Moncek Tengah menunjukkan sumur yang awalnya diduga sebagai sumber suara, tapi ternyata bukan. (Foto: Ahmad Rahman/detikJatim)
Sumenep -

Pakar ITS menyebutkan adanya kemungkinan sumber bunyi misterius di Desa Moncek Tengah, Sumenep berasal dari gua bawah tanah. BPBD Sumenep memastikan bahwa pada radius tertentu dari sumber bunyi misterius itu telah dipastikan tidak ada gua.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumenep Andy Ricky Kurniawan menyebutkan bahwa hingga saat ini pihaknya masih menunggu tim ahli untuk meneliti apa yang sebenarnya terjadi hingga muncul bunyi tumbukan misterius yang bikin warga Desa Moncek Tengah ketakutan.

Ricky sendiri menyebutkan bahwa pada hari ketika laporan tentang bunyi misterius itu masuk ke BPBD, yakni pada Sabtu (12/8/2023), dirinya bersama 4 orang personel lainnya langsung menuju lokasi untuk melakukan asesmen awal. Dia berbincang dengan warga dan menelusuri sumber bunyi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tadinya kami asumsikan, khawatirnya ada gua di radius 2 kilo atau 4 kilo itu kemudian ada orang yang masuk dari situ tanpa sepengetahuan warga, lalu ada yang menggali," ujarnya ketika dihubungi detikJatim, Minggu (13/8/2023).

Namun berdasarkan penelusuran yang dilakukan timnya, juga disinkronkan dengan keterangan dari warga setempat, ternyata pada radius tersebut tidak ditemukan keberadaan gua yang memungkinkan menjadi sumber suara misterius.

Baca juga:

"Gua tadi kalau dipukul-pukul bisa mantul suara dan getaran," ujarnya.

Amien mencontohkan Gua Gong yang ada di Pacitan. Bila ada seseorang di dalam gua itu yang memukulkan sesuatu, suaranya bisa menggema cukup jauh.

"Di Pacitan ada gua gong dipukul juga keluar suara sampai jauh. Saya dengar dari video, jauh juga. Cuma suara ketukan seperti orang menggali. Ya mudah-mudahan orang menggali terus selesai, ndak mikir yang macem-macem," ujarnya.

Dia pun menyebutkan beberapa daerah Jatim yang memang memiliki gua bawah tanah. Sumenep termasuk salah satunya. Selain itu ada di Pacitan, Tuban, Bangkalan, juga Pamekasan.

"Di Sumenep sebenarnya ada (gua) cuman belum terbuka, masih di dalam," ujarnya.




Simak Video "Dentuman Misterius Dari Bawah Tanah di Sumenep, Berikut Fakta Sejauh Ini"


(dpe/iwd)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek