Deretan 5 Baju Adat Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR - inews

 

Deretan 5 Baju Adat Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR

Deretan 5 Baju Adat Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR Presiden Jokowi menggunakan baju adat Bangka Belitung. (Foto:iNews.id/Haryanto)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu mengenakan pakaian adat daerah saat Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR. Deretan 5 baju adat Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR mengundang perhatian publik.

Presiden Jokowi menggunakan baju adat Bugis pada Sidang Tahunan MPR 2017. Namun, Presiden Jokowi hanya mengenakan jas pada 2018.

Dia melanjutkan lagi untuk menggunakan baju adat pada 2019 hingga 2022. Tahun ini, baju adat pilihan Jokowi masih misteri.

Berikut ini deretan 5 baju adat Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR seperti dirangkum iNews.id, Kamis (16/8/2023): 

1. Baju Adat Bugis (2017)

Jokowi mengenakan baju adat Bugis. (Foto: Antara).
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Bugis pada Sidang Tahunan MPR 2017. (Foto: Antara).

Presiden Jokowi mulai membuat kebiasaan baru dengan mengenakan pakaian adat ketika memberikan pidato kenegaraan. 

Saat berpidato di sidang MPR/DPR/DPD, Jokowi memakai pakaian adat Bugis lengkap dengan songkok berwarna emas yang disebut songkok Ta Bone (songkok orang Bone).

2. Baju Adat Sasak (2019)

Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan pada 16 Agustus 2019. (Foto: Antara).
Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan pada 16 Agustus 2019. (Foto: Antara).

Presiden Jokowi kembali mengenakan pakaian tradisional Indonesia saat memberikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR/DPR/DPD pada tanggal 16 Agustus 2019. 

Jokowi memakai pakaian adat Sasak dari Nusa Tenggara Barat. Pakaian berwarna emas tersebut dilengkapi dengan penutup kepala dan keris.

3. Baju Adat Sabu (2020)

Presiden Joko Widodo menggunakan baju adat Sabu (Foto: Dok MPR)
Presiden Joko Widodo menggunakan baju adat Sabu pada Sidang Tahunan MPR 2020 (Foto: Dok MPR)

Presiden Jokowi memberikan pidato sidang tahunan di kompleks parlemen, Senayan, dengan mengenakan pakaian adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur.

Pakaian adat ini memiliki corak emas yang terlihat pada topi, kain tenun di dada, sarung, dan ikat pinggang. Pakaian adat ini dipadukan dengan kemeja hitam sebagai dasarnya.


4. Baju Adat Baduy (2021)

Presiden Jokowi menggunakan baju adat Baduy di Sidang Tahunan MPR 2021. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi menggunakan baju adat Baduy di Sidang Tahunan MPR 2021. (Foto: Antara)

Presiden Jokowi memakai busana adat Urang Kanekes dari suku Baduy, Banten. Jokowi memakai baju lengan panjang atau yang disebut dengan jamang sangsang.

Ada dua suku di Baduy yakni Baduy Dalam dan Baduy Luar. Presiden Jokowi menggunakan baju berwarna biru dongker yang merupakan ciri khas Suku Baduy Luar.

Pakaian terdiri dari telekung, baju kutung, dan tas selempang. Telekung yakni ikat kepala khas Suku Baduy.

5. Baju Adat Bangka Belitung

Desainer baju adat Bangka Belitung, Tricahya Karnawati.(Foto:iNews.id/Haryanto)
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Bangka Belitung pada Sidang Tahunan MPR 2022 .(Foto:iNews.id/Haryanto)

Pakaian adat Bangka Belitung, Provinsi Kepulauan Riau, berwarna hijau muda merupakan pilihan Presiden Jokowi pada Sidang Tahunan 2022.

Pakaian tersebut berlapis-lapis, mulai dari inner, outer, kain songket, dan celana panjang warna senada. Jokowi juga melengkapi penampilannya dengan headpiece berwarna emas khas Sumatera.

Terdapat pula selendang yang melingkar di badan, bermotif senada dengan outer-nya. Sementara itu, kain songketnya berwarna merah dan emas, menambahkan kesan mewah pada penampilannya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News


Baca Juga

Komentar