Hari Pramuka 2023, Ini Sejarah Hari Pramuka Diperingati 14 Agustus Mindset - viva

 Hari Pramuka 2023, Ini Sejarah Hari Pramuka Diperingati 14 Agustus



Mindset –Hari Pramuka di Indonesia dirayakan atau diperingati setiap jatuh tanggal 14 Agustus. Pramuka sendiri adalah singkatan Praja Muda Karana.

Arti dari singkatan tersebut adalah jiwa muda yang gemar berkarya. Akan tetapi ada juga arti lain yang diambil dari bahasa Jawa, pramuko.

Arti tersebut diperkenalkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX, bapak pramuka Indonesia.

Dalam bahasa Jawa, kata tersebut bermakna pasukan paling depan di medan perang.

Secara bahasa juga kata tersebut bermakna pemimpin. Dengan demikian, para anggota pramuka diharapkan menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan. 

Pramuka juga memperkenalkan sekaligus mempererat relasi antara siswa dengan alam sehingga mereka tidak terasing dari lingkungan.

Siswa dan Alam

Siswa dan Alam

Photo :
  • Pixabay / sasint

Nah, tahukah Sobat Mindset mengapa Hari Pramuka di kita dirayakan tiap tanggal 14 Agustus? Sejak kapan pula hari tersebut ditetapkan?

Pada dasarnya jauh sebelum penetapan tanggal tersebut pun gerakan pramuka sudah ada di Indonesia, meski dengan nama berbeda. 

Pada era Belanda misalnya pramuka disebut sebagai Padvinder. Kemudian istilah bahasa belanda itu diganti dengan istilah pandu. 

Pada masa-masa revolusi, para pandu juga ikut berperan mengabdi kepada tanah air dengan berbagai cara termasuk perlawanan fisik. 

Baru kemudian pada tahun 1961 muncul keputusan presiden Sukarno tentang pembentukan gerakan pramuka. 

Ilustrasi Bung Karno

Ilustrasi Bung Karno

Photo :
  • freepik.com

Meski pembentukan sudah lebih awal, tetapi pengenalan gerakan pramuka secara resmi kepada seluruh Indonesia berlangsung tanggal 14 Agustus 1961.

Tanggal itulah yang kemudian sampai sekarang diperingati sebagai Hari Pramuka. Sejak saat itu, gerakan pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di semua sekolah di Indonesia. 

Demikian kisah singkat tentang Sejarah hari pramuka di Indonesia, Sobat Mindset. 

Baca Juga

Komentar