Pilihan

Hutan Jati Milik Perhutani di Semin Gunungkidul Terbakar - inews

 

Hutan Jati Milik Perhutani di Semin Gunungkidul Terbakar

yogya.inews.id
August 16, 2023
Hujan jati milik Perhutani di Semanu, Gunungkidul terbakar.
Hujan jati milik Perhutani di Semanu, Gunungkidul terbakar.

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Kebakaran hebat melanda kawasan Hutan Mboro yang berada di wilayah Padukuhan Kalitekuk, Kalurahan Kalialang, Kapanewon Semin Gunungkidul, Rabu (16/8/2023) malam. Hutan jati seluas 1 hektare milik Perhutani ludes terbakar dan mengancam permukiman penduduk.

Salah seorang warga, Subardi mengatakan, selepas Maghrib mendengar warga sekitar ribut dengan adanya api di semak belukar hutan Mboro di dekat permukiman penduduk. Warga kemudian berusaha memadamkan api agar tidak merembet ke permukiman.

Warga berusaha memadamkan api menggunakan peralatan seadanya. Menggunakan ranting-ranting dan dedaunan, warga memukul-mukulkan api dan melokalisasi agar tidak meluas.

Namun upaya ini tidak bisa efektif karena api sudah telanjur membesar. Sementara sumber air di sekitar lokasi sangat minim. Sedangkan tiupan angin cukup kencang sehingga api terus membesar.

Kapolsek Semin AKP Arif Heriyanto menuturkan, kebakaran tersebut pertama kali diketahui pukul 18.30 WIB. Namun masyarakat sekitar baru menyadari ketika api telah membesar dan api cepat merembet.

"Tahunya masyarakat itu setelah api sudah membesar," ujar dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Tiga mobil pemadam kebakaran sempat dikerahkan untuk menjinakkan api. Lantaran luasan lahan dan medan yang sulit mengakibatkan upaya pemadaman terhambat. Api baru dapat dikuasai sekitar pukul 21.30 WIB.

“Belum diketahui sumber api. Namun lahan yang terbakar luasnya mencapai satu hektare,” katanya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek