Ragam Baju Adat Para Menteri Saat Upacara HUT Ke-78 RI By BeritaSatu

 

Ragam Baju Adat Para Menteri Saat Upacara HUT Ke-78 RI

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 31, 2023
Menteri Kesehatan
Menteri Kesehatan

Jakarta, Beritasatu.com - Para menteri Kabinet Indonesia Maju kompak mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia dalam upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023). Baju adat dari daerah mana saja yang dikenakan para menteri dalam upacara HUT ke-78 RI?

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengenakan baju adat Mandailing, Sumatera Utara. Mahfud mengaku ingin tampil berbeda dengan tidak mengenakan baju daerah asal, yakni dari Madura, Jawa Timur.

"Baju Mandailing, Sumatera Utara, kalau istri baju kebaya. Ini Indonesia, tahun kemarin sudah pakai baju adat Madura, persiapannya kemarin sore. Bajunya sudah diantar kemarin sore, persiapannya tadi pagi. Kalau baju Madura saya punya banyak, kalau ini pinjam dulu. Sudah tiga kali pakai baju Madura terus, sesekali baju (adat lain)," ujar Mahfud saat tiba di Istana Merdeka didampingi sang istri.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengenakan baju adat dari Minahasa, Sulawesi Utara. Budi Gunadi mengatakan, baju adat yang dikenakannya ini untuk tarian perang bernama kabasaran. Baju ini menyimbolkan perang terhadap kanker dan penyakit-penyakit yang tengah diderita masyarakat Indonesia.

"Ini baju perang Minahasa, namanya kabasaran. Ini lumayan berat, enggak sampai satu kilo sih. Kemarin kan kita pakai baju Kalimantan, sekarang baru dilakukan vaksinasi patogen baru jadi ada kanker serviks sama diare. Jadi ini benar-benar baju perang melawan kanker dan penyakit-penyakit lainnya dengan vaksinasi," ujar Budi.

Bahkan, Budi menyampaikan, baju adat yang dikenakan ini dikirim langsung dari Minahasa.

"Ini dikirim dari Minahasa, khusus bawa dari sana untuk perayaan 17 Agustus. Kita melihatnya ini pertama kali kita melakukan acara penuh setelah pandemi. Jadi saya berharap acara ini bisa meriah dan dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia yang benar-benar 100 persen sudah merdeka dari Covid," katanya.

Selain itu, tampak Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Azwar Anas mengenakan baju adat Minangkabau, Sumatera Barat. Azwar Anas mengaku kagum dengan Minangkabau yang banyak melahirkan banyak tokoh nasional.

"Baju adat Minangkabau, ya kita sewa udah semingguan kita cari. Saya kira ini bentuk pengakuan Indonesia bahwa kebudayaan itu menjadi kekuatan Indonesia, dan saya merasa kagum memakai baju adat seperti Minangkabau dan yang banyak melahirkan intelektual Indonesia ini," papar Azwar Anas.

"Makna kemerdekaan menurut saya adalah sesuatu yang mesti membuat kegiatan yang bermanfaat untuk orang banyak, melayani, target kami adalah kemerdekaan harus mendorong birokrasi yang lebih berdampak dan melayani," kata Azwar Anas menambahkan.

Baca Juga

Komentar