Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

INKA Blak-blakan Biang Kerok Masalah Pintu Kereta LRT Jabodebek - detik

 

INKA Blak-blakan Biang Kerok Masalah Pintu Kereta LRT Jabodebek

By Herdi Alif Al Hikam
finance.detik.com
August 31, 2023
Foto: Suasana LRT di Stasiun Bekasi
Foto: Suasana LRT di Stasiun Bekasi
Jakarta -

Perjalanan LRT Jabodebek sempat mengalami gangguan besar Rabu pagi kemarin. Usut punya usut, PT KAI Divisi LRT Jabodebek mengungkapkan biang kerok gangguan perjalanan LRT Jabodebek adalah masalah pada pintu kereta.

Kereta yang digunakan LRT Jabodebek sendiri merupakan pabrikan dalam negeri yang dibuat PT INKA. Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan PT INKA Agung Dwi Cahyono pun buka suara soal masalah yang terjadi pada kereta LRT Jabodebek.

Agung mengakui gangguan teknis memang masih sering terjadi pada pintu kereta LRT buatan INKA. Hal ini terjadi karena LRT ini didesain menggunakan sistem GoA 3, semua hal yang ada di kereta berfungsi dan dimonitor oleh sensor, pintu adalah salah satunya.

"Dalam perjalanan operasi ini masih terdapat gangguan kondisi teknis pintu yang menjadi evaluasi dan perbaikannya, seperti kurang sentrisnya sistem mekanik akibat getaran, limit switch yang tidak respon," ungkap Agung kepada detikcom

Dia pun menampik ada kerusakan yang terjadi pada kereta INKA, masalah yang terjadi menurutnya berupa gangguan teknis pada sistem saja.

Perihal pintu yang akhir-akhir ini sering mengalami gangguan, Agung menyatakan hal itu akan menjadi konsentrasi INKA untuk melakukan perbaikannya.

"Perbaikan terus berlanjut dilakukan oleh PT INKA dan ditargetkan dalam waktu secepatnya masalah pintu LRT bisa teratasi," tegas Agung.

Manager Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo sebelumnya mengakui gangguan memang terjadi pada operasi LRT, Rabu pagi kemarin. Masalah utamanya, kata Kuswardojo, terjadi pada bagian pintu keretanya.

Pihaknya bahkan menarik kereta yang bermasalah tersebut untuk melakukan pengecekan ke depo. Hal ini yang menimbulkan antrean perjalanan.

"LRT mengalami gangguan pada pintu sarananya, dan mengakibatkan kereta berhenti dan menimbulkan antrean. Saat ini kereta sudah ditarik untuk pengecekan," ungkap Kuswardojo ketika dihubungi detikcom, Rabu 30 Agustus 2023 kemarin.

Kuswardojo mengatakan pihaknya juga akan berkomunikasi dengan pihak PT INKA selaku pabrikan kereta yang bermasalah tersebut.

"Masalah ada pada sarananya, dan saat ini kami sedang koordinasi dengan pihak INKA," ujar Kuswardojo.

Lihat Video: Naik LRT Jabodebek di Pagi Hari, Pemandangannya Menakjubkan!

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek