IPB University Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Fakultas Kedokteran By BeritaSatu

 

IPB University Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Fakultas Kedokteran

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 24, 2023
Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengumumkan pembukaan prodi kedokteran umum, Sabtu, 5 Agustus 2023.
Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengumumkan pembukaan prodi kedokteran umum, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Bogor, Beritasatu.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) University resmi membuka pendaftaran mahasiswa fakultas kedokteran (FK), setelah melakukan persiapan selama lebih dari dua tahun.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengungkapkan, pembukaan pendaftaran mahasiswa fakultas kedokteran ini dilakukan untuk turut serta mengatasi kekurangan tenaga medis khususnya dokter di Indonesia.

"Sebagai tahap pertama, hari ini IPB University membuka pendaftaran melalui jalur mandiri dengan kuota sebanyak 50 calon mahasiswa. Pendaftaran dibuka pada 5-11 Agustus 2023," kata Arif, Sabtu (5/8/2023).

Arif menyatakan, ada berbagai alasan sehingga pihaknya membuka faskultas kedokteran. Salah satunya, turut serta dalam pemenuhan tenaga medis di Indonesia.

"Seperti diketahui tenaga medis di Indonesia saat ini masih kekurangan. Selain itu dalam pengembangan dunia pendidikan, IPB sebenarnya sudah melakukan berbagai temuan dan sumbangsih terhadap dunia kedokteran," urainya.

"Contoh lain dalam pengembangan reproduksi, bayi tabung itu ahli laboratoriumnya dari IPB, dan sudah ribuan yang berhasil," tambah Arif.

Sementara itu, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof drh Deni Noviana menjelaskan, kurikulum fakultas kedokteran dibuat sesuai standar kompetensi dokter Indonesia (SKDI) 2021.

Kurikulum tersebut didesain untuk menghasilkan dokter yang profesional, kompeten, beretika serta memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan.

“Struktur kurikulum juga disusun mengikuti komponen kurikulum 2020 integrasi multistrata IPB University dengan pemantapan life base learning yang akan menghasilkan lulusan yang unggul, lincah dan adaptif terhadap perubahan,” ujarnya.

Baca Juga

Komentar