Pilihan

Jokowi: Belakangan Saya Tahu Pak Lurah Itu Ternyata Saya By BeritaSatu

 

Jokowi: Belakangan Saya Tahu Pak Lurah Itu Ternyata Saya

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 31, 2023
Presiden Joko Widodo, mengenakan pakaian adat Tanimbar, Maluku, menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023.
Presiden Joko Widodo, mengenakan pakaian adat Tanimbar, Maluku, menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku baru mengetahui yang dimaksud 'pak lurah' yang dimaksud para politisi adalah dirinya. Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2023 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Rabu (16/8/2023).

Jokowi mengatakan, menjelang Pemilu 2024, suasana politik saat ini sudah hangat-hangat kuku. Dalam kondisi itu, katanya, elite politik dan parpol kerap menyebut belum ada arahan dari 'pak lurah'.

"Saya sempat mikir, siapa ini pak lurah. Sedikit-sedikit kok 'pak lurah'. belakangan saya tahu yang dimaksud 'pak lurah' ternyata saya," katanya.

Jokowi menyatakan, pak lurah yang dimaksud elite politik adalah kode yang merujuk dirinya. Dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan dirinya adalah Presiden Republik Indonesia, bukan pak lurah.

"Saya jawab saya, saya bukan lurah. Saya adalah Presiden Republik Indonesia," tegasnya.

Jokowi mengatakan, dirinya bukan ketua umum partai politik, dan bukan ketua koalisi partai politik. Sementara, berdasarkan aturan peraturan perundang-undangan yang dapat mengusung capres dan cawapres adalah partai politik dan koalisi partai politik.

"Jadi saya ingin mengatakan itu bukan wewenang saya. Bukan wewenang pak lurah. Bukan wewenang pak lurah sekali lagi, walaupun saya paham ini sudah menjadi nasib seorang presiden untuk dijadikan paten-paten dalam bahasa Jawa, dijadikan alibi, dijadikan tameng. Bahkan, walau kampanye belum mulai, foto saya banyak dipasang di mana-mana. saya harus ngomong apa adanya," katanya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek